Rabu, Mei 29, 2024
BerandaGunungkidulGunungkidul Terima Bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

Gunungkidul Terima Bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

JOGJAEKSPRES.COM – Kabupaten Gunungkidul baru saja mendapatkan bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Peresmian dan Serah Terima Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kabupaten Gunungkidul Provinsi DIY dilaksanakan di Padukuhan Bendogede, Kalurahan Sumbergiri, Kapanewon Ponjong.

Mewakili masyarakat Sumbergiri, Suharjono Lurah Sumbergiri mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang telah diberikan.

Baca Juga: Terkait Kasus Antraks di Gunungkidul, DPRD DIY Minta Pemda Serius Menangani

“Ada 28 titik yang menyasar Sumbergiri diantaranya di Padukuhan Bendogede ini,” katanya.

Dengan adanya bantuan penerangan jalan ini pun berdampak besar untuk masyarakat utamanya pada malam hari,

“Sebuah manfaat yang dapat dirasakan luar biasa untuk warga gunungkidul,” kata Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto dalam sambutannya.

Baca Juga: JCW Minta Kasus Insiden Tertembaknya Pemuda di Gunungkidul Harus Diproses Hukum dan Transparan

Heri juga menyampaikan, Gunungkidul dengan letak geografisnya menjadi daerah terluas di D.I. Yogyakarta, yang dengan jarak antar RT pun terjeda dengan hutan, maka sangat diperlukan adanya penerangan jalan.

“Harapannya kedepan dapat diintervensi untuk daerah-daerah lain utamanya di jalur-jalur objek wisata dan lokasi-lokasi wisata,” ucap Wakil Bupati.

Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Sahid Junaidi memaparkan pihaknya sudah mendirikan 335 unit PJU-TS sebanyak 335 titik di D.I. Yogyakarta.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Tetap Patuhi Prokes, BPBD DIY Melarung Gunungan Peralatan Prokes Di Malioboro

“Dan 135 diantaranya berada di Kabupaten Gunungkidul,” kata Sahid.

Sejalan dengan apa yang diucapkan Wakil Bupati, infrastruktur energi khususnya penerangan jalan menjadi perhatian Pemerintah Daerah,

“Dengan adanya bantuan PJU-TS ini juga menjadi keuntungan bagi Pemerintah daerah karena tetap dapat melayani masyarakat tanpa menimbulkan beban biaya ke daerah karena menggunakan tenaga surya,” terang Sahid.

Baca Juga: Razia Siswa Bolos, Polsek Ngawen Gunungkidul Temukan Kondom di Tas Pelajar SMP

Dalam peresmian tersebut hadir juga Anggota DPR RI Komisi VII Gandung Pardiman, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul Heri Nugroho, Panewu Ponjong dan warga Padukuhan Bendogede. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU