Rabu, Februari 28, 2024
BerandaJogjakartaPernikahan Anjing dengan Adat Jawa Bukan Kreativitas Tapi Kelewat Batas

Pernikahan Anjing dengan Adat Jawa Bukan Kreativitas Tapi Kelewat Batas

JOGJAEKSPRES.COM – Viral di media sosial baru-baru ini terkait pernikahan anjing dengan adat Jawa menuai pro dan kontra. Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan, pernikahan anjing dengan adat Jawa yang dilakukan beberapa waktu lalu menurutnya bukanlah kreativitas, tetapi tindakan kelewat batas.

Huda mengungkapkan, pernikahan dengan adat Jawa merupakan budaya adiluhung yang sarat makna. Setiap tahap, langkah bahkan pakaiannya ada makna dan pelajaran luhur yang dikandung. Pernikahan juga peristiwa sangat sakral yang merupakan janji setia antara insan manusia.

“Saat ini kita sedang prihatin atas banyaknya penurunan moral di masyarakat, terutama generasi muda yang banyak melanggar norma-norma. Data pernikahan dini yang meningkat berlipat kebanyakan karena kecelakaan atau hubungan di luar nikah,” ujar Huda, Kamis 20 Juli 2023.

“Pernikahan anjing dengan adat Jawa menurut saya sangat melecehkan dan bertentangan dengan norma budaya jogja. Saya sangat mengecam hal tersebut. Sebagai warga DIY saya tersinggung budaya adiluhung yang mestinya dijunjung dilecehkan,” tegas politisi PKS ini.

Huda memuturkan, ekspresi dan kreativitas sangat dihargai di DIY, tapi mesti ada norma-norma sebagai batasan.

“Saya curiga ada agenda-agenda tersembunyi di balik event tersebut, propaganda negatif yang bertentangan dengan norma. Mungkin gerakan gerakan anti norma seperti LGBT atau hal lain yang patut diwaspadai,” kata Huda.

Huda menambahkan, semestinya penyelenggara segera minta maaf di publik, dan pihaknya mendukung jika ada elemen masyarakat melakukan somasi atau tindakan hukum lain.

“Jangan ada lagi yang main-main dengan budaya Jogja. Silakan berkreativitas tapi dalam batas norma,” tandasnya. (rls/arf)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU