Selasa, April 16, 2024
BerandaGunungkidulBupati Gunungkidul Pimpin Gerakan Tanam 1.000 Pohon Durian di Ponjong

Bupati Gunungkidul Pimpin Gerakan Tanam 1.000 Pohon Durian di Ponjong

JOGJAEKSPRES.COM – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memimpin gerakan tanam 1.000 pohon durian yang dipusatkan di Kalurahan Tambakromo, Kapanewon Ponjong. Kamis, (3/8/2023).

Perwakilan Kelompok tani, Sumarno mengatakan, penanaman durian difokuskan di Poktan Banyumulyo Padukuhan Jambedawe dan Poktan Maju sari Padukuhan Garon, Tambakromo.

“Luas lahan pengembangan durian ini mencapai 10 hektare,” kata Sumarno dalam laporannya dihadapan Bupati Gunungkidul.

Baca Juga: Gunungkidul akan Miliki Taman Parkir Termegah di Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran

Selain mendapatkan bantuan 1.000 bibit durian varian Musang King, kelompok tani tersebut juga mendapatkan pupuk organik, pupuk hayati padat, pembenah tanah dan Pupuk NPK.

“Potensi pengembangan durian di wilayah ini sudah kita awali penanaman durian dengan jenis Kencono Rukmi pada Tahun 2018 lalu. Sekarang sudah mulai berbuah,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi DIY Sugeng Purwanto mengatakan, gerakan tanam durian ini dalam rangka pengembangan kawasan durian di Gunungkidul.

Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Salurkan Bantuan Modal sebesar Rp4,36 M kepada KUBE FM

“Potensi wilayah ini sangat bagus untuk pengembangan durian,” terang Sugeng.

Pihaknya juga mengatakan, indikator wilayah yang cocok ditanami durian diantaranya terdapat tanaman cengkeh, suburnya tanaman petai serta lokasi wilayah yang lebih tinggi.

“Penanaman disesuaikan dengan kontur tanah, jarak ideal antara bibit tanaman 7 meter atau 10 meter,” paparnya.

Baca Juga: Gunungkidul Terima Bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

Sugeng berharap masyarakat menjaga dan merawat tanaman ini dengan baik. Sebab legalitas dan sertifikasi bibit durian varian Musang King ini clear dan bagus serta sudah terverifikasi.

“saya berharap tidak mengecewakan pemerintah yang memberi bantuan, Dari ribuan kelompok tani hanya wilayah ini yang dinyatakan pantas menerima bantuan,” tegas Sugeng.

Sementara Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, butuh pemeliharaan dan ketekunan ekstra agar bibit durian ini berbuah sesuai harapan. Bupati mendorong agar masyarakat merawatnya dengan baik.

Baca Juga: Terkait Kasus Antraks di Gunungkidul, DPRD DIY Minta Pemda Serius Menangani

“Daripada menanam tanaman keras durian ini lebih memiliki nilai ekonomi tinggi. Syaratnya ya harus dirawat dengan baik,” terang Bupati. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU