Rabu, Mei 29, 2024
BerandaBantulPeringatan Hari Santri dan Hari Pahlawan, Bagana Bantul Baksos Air Bersih

Peringatan Hari Santri dan Hari Pahlawan, Bagana Bantul Baksos Air Bersih

JOGJAEKSPRES.COM – Dalam rangka penanggulangan krisis air bersih di sebagian wilayah Kabupaten Bantul, sejumlah anggota Banser Tanggap Bencana (Bagana) Bantul melaksanakan kegiatan aksi Bakti Sosial berupa pemberian bantuan air bersih untuk beberapa Pondok Pesantren maupun masyarakat umum.

Menurut keterangan Komandan Bagana Bantul Yasin, baksos dropping air bersih yang dilakukan oleh Bagana Bantul tahun ini sekaligus memperingati Hari Santri Nasional 2023 dan menyongsong Hari Pahlawan. Untuk baksos dropping air bersih tahap pertama kali ini mendistribusikan 40 tanki atau sekitar 200.000 liter air bersih yang tersebar ke 3 Kapanewon, yaitu Dlingo, Pundong dan Pajangan.

“Untuk baksos tahun ini kami lakukan masih dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023 dan menyongsong Hari Pahlawan, karena Hari Pahlawan adalah kelanjutan dari Fatwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh PBNU pada tanggal 22 Oktober 1945, yang kemudian perang besar terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya dan diikuti oleh kota lainnya” terang Yasin.

Baca Juga: Dana Belanja Tidak Terduga Diarahkan untuk Penanganan Kekeringan di Bantul

Lebih lanjut Yasin berharap dengan kegiatan ini kebutuhan santri dan masyarakat pada air bersih di musim kemarau ini sedikit banyak dapat terpenuhi. Semoga kegiatan bakti sosial ini dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi semua.

Hadir dalam kesempatan ini Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih yang juga pembina Banser Bantul mengatakan, kebutuhan air bersih di beberapa wilayah kabupaten Bantul saat ini banyak yang mengandalkan bantuan dari pemerintah, organisasi maupun komunitas yang peduli terhadap bencana kekeringan tahun 2023 ini.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap Bagana Bantul yang memiliki komitmen dan kepedulian yang sangat besar,” tambah Halim.

Baca Juga: Diduga Akibat Bakar Sampah, Lahan 4 Hektar di Bantul Ludes Dilalap si Jago Merah

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Bagana Bantul ini meliputi 4 Pondok Pesantren yang mengalami kesulitan air bersih. Secara simbolis, baksos ini dilepas oleh bupati Bantul di depan Kantor PCNU Kabupaten Bantul.

Sebagaimana yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, baksos kali ini tetap dilaksanakan dengan aksi dropping air bersih dengan armada tangki sebanyak 10 armada tangki yang terdiri dari PMI Bantul 2 armada, BPBD Bantul 2 armada, Tagana Bantul 1 armada, dan 5 armada tangki air bersih dari pihak swasta.

Hadir dalam kegiatan baksos dropping air bersih kali ini di Kantor PCNU Kabupaten Bantul dari jajaran Pengurus Tanfidziyah PCNU Kabupaten Bantul Kyai Marhadi, Ketua PC GP Ansor Lilik Budi Hartanto, Kasatkorcab Banser Bantul Sakdun Muntaha serta Ketua LPBI NU H. Ahmad Furqon. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU