Senin, April 15, 2024
BerandaJogjakartaAda Banyak Discount Khusus di Aplikasi Jogja Carnival

Ada Banyak Discount Khusus di Aplikasi Jogja Carnival

JOGJAEKSPRES.COM – Pariwisata di DIY pasca pandemi Covid 19 terlihat mulai menggeliat. Wisatawan domestik mulai membanjiri destinasi-destinasi wisata. Wisatawan mancanegara juga mulai terlihat mengunjungi DIY meskipun jumlahnya masih relatif sedikit.

Pelaku usaha wisata di berbagai bidang menyambut gembira kondisi ini. Puncak kunjungan wisatawan terlihat pada week end dan saat terdapat hari libur.

Kadin DIY bidang Pariwisata mencoba menangkap peluang ini dan terus mendorong tumbuhnya kunjungan wisata. Banyak hal yang telah dilakukan untuk membangun konsolidasi pelaku usaha wisata.

Baca Juga: Ketua Komisi A DPRD DIY Ajak Jaga Warga Wujudkan Rasa Aman dan Tentram di DIY

Selain itu, juga dilakukan promosi-promosi wisata bersama dengan pihak pemerintah baik melalui media online maupun offline. Inovasi pariwisata terus dikembangkan agar industri pariwisata terus berjalan dengan baik. Infrastruktur pariwisata yang dibangun pemerintah seperti transportasi dan komunikasi telah nyata mendukung industri pariwisata.

Pada pertengahan bulan Juli 2023 ini, Kadin DIY bidang Pariwisata bersama dengan Yayasan Jogja Carnival Istimewa, PHRI, ASITA dan Asosiasi himpunan pelaku wisata lainnya berinovasi untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Salah satunya adalah pembuatan aplikasi dengan nama Jogja Carnival.

“Aplikasi ini selain akan digunakan untuk mendukung kegiatan Jogja Carnival tahun 2023 di bulan Agustus yang inti kegiatannya adalah Atraksi dan Transaksi, dengan tujuan untuk daya tarik meningkatkan kunjungan wisata dengan mengajak pengusaha di berbagai sektor memberikan discount khusus bagi wisatawan yang mengunduhnya,” ujar Ketua Pelaksana Jogja Carnival, Arif Effendi, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga: Gelombang Capai 4 Meter, Wisatawan Dilarang Mandi di Pantai Selatan DIY

Wisatawan dan masyarakat dapat mengunduh secara gratis pada play store dengan menggunakan HP berbasis android. Pengunduh dapat mengambil e-voucher discount dari merchant yang terdaftar pada aplikasi ini. Besarnya discount yang diberikan sangat bervariasi diserahkan pada masing-masing merchant contohnya seperi diskon transportasi pesawat terbang, kereta api, angkutan darat, hotel, restoran, berbagai merchant dan juga produk-produk UKM DIY.

Soft launching Aplikasi Jogja Carnival dilaksanakan pada Sabtu, 15 Juli 2023 bertempat di Sky Lounge Royal Malioboro Hotel, Jl. Pasar Kembang No.29, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta dihadiri oleh Ketua Pelaksana Jogja Carnival 2023 yang juga Wakil Ketua Umum Kadin DIY Pariwisata, Arif Effendi, PHRI, ASITA serta pihak-pihak terkait baik swasta maupun pemerintah yang memberikan dukungan bagi suksesnya kegiatan ini.

“Grand Launching aplikasi ini akan dilaksanakan pada awal Agustus 2023 bertempat di Titik Nol Km Jogja dan menjadi strategi marketing wisata yang dikembangkan dengan memberikan discount bulan great sale pada setiap pembelian produk wisatawan agar mereka tertarik datang ke DIY,” kata Arif.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Kunjungi Kampung Wisata Purbayan, Berharap Dapat Tingkatkan Perekonomian

Salah satu dukungan atraksi wisata yang akan digelar adalah Kite Surfing yang merupakan wisata minat khusus pada jenis sport tourism dan di acara tersebut Kadin DIY Pariwisata bekerjasama dengan Kite Surfing Indonesia Yogyakarta.

Gelaran International Kite Surfing Exhibition Jogja 2023 akan mengundang pemain Kite surfing dari mancanegara untuk bergabung di Jogja.

“Atraksi ini dimaksudkan untuk memeriahkan Jogja Carnival tahun 2023 dan kegiatan ini direncanakan bisa menjadi agenda tahunan pariwisata di DIY,” katanya.

Baca Juga: Obyek Wisata Baru “Bojong Asri” Tampilkan Pesona Jembatan Kretek 2 Bantul

“Dengan menggunakan Aplikasi Jogja Carnival ini wisatawan bakal banyak berhemat dan diuntungkan mulai dari potongan harga transportasi, hotel, oleh-oleh, restoran, kuliner, bahkan jasa kebugaran, fashion dan masih banyak lagi. Aplikasi Jogja Carnival jelas memfasilitasi kedua belah pihak antara penjual dan pembeli yang sama-sama diuntungkan,” imbuhnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kurniawan, pada kesempatan yang sama mengapresiasi atas diluncurkannya aplikasi Jogja Carnival oleh para pembuatnya sebagai eksekutor.

“Karena kami selaku dinas sebagai fasilisator, makanya kami mengapresiasi apa yang telah Kadin, PHRI, dan ASITA, serta para Asosiasi perhimpunan pelaku wisata sebagai eksekutor,” katanya.

Baca Juga: Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram Menggelar Bakti Sosial di Tempat Wisata Bojong Asri

Dia juga mengakui apa yang dilakukan oleh para pelaku wisata ini sangatlah bagus, guna memperkuat pariwisata di DIY.

“Apa yang dilakukan oleh para pelaku wisata ini sangatlah bagus, untuk memperkuat pariwisata di DIY,” katanya.

Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo, mengatakan melalui Aplikasi Jogja Carnival ini merupakan salah satu cara mendongkrak pariwisata di DIY.

Baca Juga: Launching Omah Jadah Kaliurang, Ini Harapan Bupati Sleman

“Melalui program ini merupakan salah satu cara mendongkrak pariwisata di DIY, termasuk meningkatkan okupansi hotel dan restoran di DIY,” katanya.

Deddy mengakui pihaknya akan mendukung penuh apa yang telah dilakukan oleh para pelaku wisata ini dalam membuat Aplikasi Jogja Carnival.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Asosiasi DPD ASITA, Dahliana Ginting terkait pembuatan Aplikasi Jogja Carnival ini.

Baca Juga: Muslim Life Fair Jogja Pikat Aneka Program Menarik

“Kami dari ASITA sangat mendukung sekali dengan diluncurkannya Aplikasi Jogja Carnival ini,” ucapnya.

Dia berharap dengan telah diluncurkannya Aplikasi Jogja Carnival ini bisa meningkatkan perekonomian khususnya di dunia pariwisata. (bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU