Rabu, Februari 28, 2024
BerandaJogjakartaMenparekraf Sandiaga Kunjungi Kampung Wisata Purbayan, Berharap Dapat Tingkatkan Perekonomian

Menparekraf Sandiaga Kunjungi Kampung Wisata Purbayan, Berharap Dapat Tingkatkan Perekonomian

JOGJAEKSPRES.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengunjungi Kampung Wisata Purbayan, Kotagede, Yogyakarta, Minggu, 4 Juni 2023 sore.

Kunjungan Menteri Sandiaga kali ini dikarenakan, Kampung Wisata Purbayan masuk dalam 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Disela kunjungannya tersebut, Sandiaga menyebut Kampung Wisata Purbayan layak menjadi desa wisata berkelas dunia.

“Kampung Purbayan ini sudah mendunia, tugas kita menggunakan momen ini menciptakan peluang usaha,” ujar Sandiaga.

Tidak hanya sebagai bagian sejarah, Purbayan menurut Sandiaga merupakan kawasan budaya dan situs peninggalan Kerajaan Mataram Islam.

“Kampung Purbayan ini destinasi berbasis sejarah,” kata Sandiaga.

Dia menjelaskan, dari 4.573 desa wisata pilihan, Purbayan telah terpilih menjadi desa wisata terbaik se Indonesia, karena menurut Sandiaga di Purbayan banyak nilai budaya, sejarah, terutama Kerajaan Mataram Islam, seta UMKM seperti perak dan batik yang tidak kalah luar biasa.

Selain itu, Purbayan juga memiliki potensi lain, seperti kerajinan keris, kulit, filigree, dan juga pengrajin blangkon.

“Bicara soal kreativitas, di DIY merupakan juaranya, karena sudah proses uji petik sebelumnya,” ucap Sandiaga.

Dia juga berpesan agar pemasaran produk UMKM di Yogyakarta bisa menembus pasar ekspor internasional, sehingga akan semakin banyak membuka lapangan pekerjaan.

“Kita harus mampu menembus pasar ekspor dengan menampilkan di Singapura atau Hongkong,” kata Sandiaga.

Sementara, Ketua Kampung Wisata Purbayan, Nurcahyo Nugroho mengucapkan rasa terimakasih atas kunjungan Menteri Sandiaga di Kampung Wisata Purbayan.

“Terimakasih mas Sandi datang di Kamwis Purbayan, sebagai kampung pusaka penjaga tradisi,” kata Nurcahyo.

Kembali disampaikan Nurcahyo, bahwa kunjungan Menteri Sandiaga Uno, menumbuhkan rasa antusias masyarakat yang sangat besar.

“Dengan telah dikunjungi oleh Menteri Pariwisata, semoga dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kamwis Purbayan,” ujar Nurcahyo.

Senada dengan Mas Menteri Sandiaga, Ketua Kampung Wisata Purbayan setuju, keberadaannya guna meningkatkan perekonomian warga sekitar, dengan tumbuhnya UMKM disana.

“Tentunya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dengan tumbuhnya UMKM kerajinan, kuliner dan fashion,” kata Nurcahyo.

Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta ini kembali menegaskan bahwa Purbayan akan mengunggulkan identitas sebagai Kampung Pusaka dan Penjaga Tradisi dengan beberapa paket wisata yang dapat dinikmati wisatawan.

“Kami menawarkan paket wisata untuk wisatawan yang datang dengan menjelejahi bagunan cagar budaya dan bangunan warisan budaya yang ada di Purbayan,” pungkasnya. (bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU