test
Selasa, Juni 18, 2024
BerandaJogjakartaCegah Penularan Cacar Monyet di Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Imbau Wisatawan dan...

Cegah Penularan Cacar Monyet di Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Imbau Wisatawan dan Masyarakat Tetap Bermasker

JOGJAEKSPRES.COM – Maraknya penyakit cacar monyet atau Monkeypox ditemukan di beberapa lokasi di Indonesia, seperti Jakarta dan Banten, membuat semua pihak mulai mewaspadai penyakit menular tersebut.

Termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, mengingat Kota Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Melalui Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, guna mengantisipasi penularan penyakit tersebut di Kota Gudeg ini, kepada wisatawan dan warga Kota Yogyakarta diimbau untuk tetap memakai masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Siapkan 2.000 Vaksin Rabies di 13 Klinik

“Untuk mengantisipasi penularan cacar monyet di Kota Yogyakarta, kami mengimbau kepada wisatawan dan warga Kota Yogyakarta untuk memakai masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani, beberapa waktu lalu.

Karena menurut Emma, penularan penyakit cacar monyet tersebut bisa melalui sentuhan dengan hewan atau orang yang terpapar, bicara face to face, pelukan, dan juga hubungan seks dengan banyak pasangan.

“Untuk itu, kalau ada luka kopeng bernanah segera periksa ke faskes terdekat,” kata Emma.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh Masyarakat

Dia kembali menegaskan, untuk pencegahan, terutama bagi para wisatawan ataupun warga Kota Yogyakarta adalah bisa dengan tetap mengenakan masker.

“Karena penggunaan masker tidak hanya untuk mencegah Covid-19 saja, tetapi juga untuk mencegah semua penyakit menular,” jelas Emma.

Selain itu, kegiatan 3M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) juga masih bisa dilakukan guna mencegah penularan penyakit cacar monyet tersebut.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Buka Kembali Sebagian Depo Sampah di Wilayah

“Dan kalau memasak daging dianjurkan matang dan penerapan PHBS,” kata Emma.

Diakui Emma, saat ini di Kota Yogyakarta belum ditemukan adanya kasus penyakit cacar monyet, namun semua harus mewaspadainya.

“Gejalanya hampir sama dengan cacar air, bedanya untuk cacar monyet berupa benjolan berisi nanah dan terdapat pembesaran kelenjar getah bening,” kata Emma.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Siapkan 3 Lokasi Baru Penampungan Sampah Sementara

Untuk pencegahan penyakit menular tersebut, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta juga tengah melakukan pembekalan kepada dokter untuk menangani penyakit tersebut, dan penguatan surveilans. (bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU