test
Selasa, Juni 18, 2024
BerandaSlemanSambut HUT ke 78 RI, Bupati Sleman Mencanangkan Gerakan Pembagian Bendera Merah...

Sambut HUT ke 78 RI, Bupati Sleman Mencanangkan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

JOGJAEKSPRES.COM – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih 2023, pada Sabtu, 8 Juli 2023. Bertempat di Lapangan Pemda Sleman, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penyerahan Bendera Merah Putih secara simbolis oleh Bupati Sleman yang didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, kepada Panewu dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas).

Kepala Badan Kesbangpol Sleman, Hery Sutopo menyampaikan, Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan perihal yang sama.

Untuk itu, Kesbangpol Sleman melaksanakan pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih bersamaan dalam acara Kirab Budaya dan Pembukaan Pameran Potensi Daerah yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman.

Baca Juga: Pemkab Sleman dan DPRD Sleman Tandatangani Pakta Integritas RAPBD 2024

Sehingga, acara yang berlangsung siang hari itu disertai dengan pameran kerajinan tangan dan makanan nusantara hasil dari UMKM, talkshow terkait penguatan Nasionalisme dan pagelaran seni budaya.

“Maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia serta mendorong kesadaran berbagai pihak baik Pemerintah, TNI, POLRI, organisasi kemasyarakatan, partai politik, kampus, sekolah dan unsur swasta serta masyarakat untuk berpartisipasi dalam mensukseskan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih,” jelas Hery.

Sementara Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, menyatakan dukungannya dengan mencanangkan dimulainya Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih. Ia mengatakan, melalui kegiatan tersebut dapat menjadi upaya untuk membangkitkan kembali rasa cinta tanah air serta semangat nasionalisme dan patriotisme.

Baca Juga: Bukti Komitmen Pemda, Bupati Sleman Tandatangani Perjanjian Hibah Daerah Program Hibah Air Minum 2023

Dengan momentum kemerdekaan RI, Bupati menyebut bahwa langkah awal untuk melakukan introspeksi diri agar terus berubah ke arah yang lebih baik, sehingga mampu tumbuh menjadi karakter dan berkepribadian yang unggul.

“Dengan semangat persatuan dan kesatuan, saya yakin kita akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing menuju kehidupan berbangsa dan bernegara yang mandiri, berdaulat dan berkepribadian,” ujarnya.

Bupati juga berharap pembagian bendera merah putih ini kembali mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga: Peringatan Hardiknas, Bupati Sleman Imbau Prioritaskan Penguatan Pendidikan Karakter

Kustini juga mengajak masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih guna menjunjung tinggi makna kemerdekaan. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU