Rabu, Februari 28, 2024
BerandaBantulKembali, Ruas Jalan di Wunut Imogiri Ambles, Pemkab Bantul Undang Pakar UGM

Kembali, Ruas Jalan di Wunut Imogiri Ambles, Pemkab Bantul Undang Pakar UGM

JOGJAEKSPRES.COM – Salah satu ruas jalan di Wunut, Sriharjo, Imogiri kembali ambles. Fenomena ini terus berulang meski perbaikan jalan di lokasi tersebut telah dilakukan sebanyak enam kali sejak tahun 2008.

Tak ingin asal memperbaiki jalan demi mencegah kejadian serupa, Pemerintah Kabupaten Bantul mengajak sejumlah pakar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melakukan tinjauan di lapangan pada Rabu (4/1/2023).

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih menyampaikan, tinjauan lapangan ini juga diharapkan dapat memberi pemahaman yang menyeluruh terkait fenomena di Wunut.

Dengan adanya penelitian lebih lanjut yang dilakukan oleh pakar geoteknik, Pemerintah Kabupaten Bantul akan mendapatkan rekomendasi yang tepat dan memadai.

“Dengan melakukan penelitian lebih lanjut, nantinya Pemerintah Kabupaten Bantul akan mendapatkan rekomendasi lengkap agar perbaikan jalan juga bisa dilakukan secara tepat. Bagaimana sifat tanahnya, bagaimana konstruksi yang pas, dan sebagainya,” jelas Halim.

Sementara itu, Dosen Teknik Sipil UGM, Ali Awaludin yang turut meninjau kondisi jalan di Wunut akan berkoordinasi dengan tim terkait kajian mendalam yang nantinya akan dilakukan.

Koordinasi ini juga akan dilakukan bersama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Bantul.

“Kami akan lakukan penelitian terlebih dahulu di titik yang teridentifikasi longsor. Dengan demikian, rekomendasi bisa kami berikan dan bisa dicarikan solusi yang tepat. Tak hanya asal perbaikan saja. Tapi bagaimana membuat struktur yang kuat, yang mampu menopang beban lalu lintas di atasnya,” ujar Ali.

Ali menambahkan, dugaan awal fenomena jalan ambles di Wunut karena air yang berada di bawah tanah membuat tanah tersebut menjadi lunak. Ketika tanah mulai lunak, jalan menjadi retak dan mempercepat proses longsor atau ambles. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU