Rabu, Februari 28, 2024
BerandaSlemanBupati Sleman Dukung Optimalisasi Tanah Kas Desa dengan Budidaya Timun dan Cabai

Bupati Sleman Dukung Optimalisasi Tanah Kas Desa dengan Budidaya Timun dan Cabai

JOGJAEKSPRES.COM – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Kasubbid Urusan Pertanahan Paniradya Kaistimewaan DIY, Pangky Arbindarta melakukan panen perdana tanaman mentimun bertempat di Bulak Dukuh, Kalurahan Pondokrejo, Tempel, pada Kamis 27 Juli 2023.

Pelaksanaan panen perdana bersama Bupati Sleman ini merupakan salah satu program optimalisasi tanah Kalurahan Pondokrejo yang dimanfaatkan sebagai lahan tanam oleh masyarakat dengan bantuan Dana Keistimimewaan (Danais).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengungkapkan, program optimalisasi tanah desa dengan memberdayakan masyarakat dalam sektor pertanian menjadi upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Bupati Sleman Serahkan Dana Hibah Pendidikan Sebesar Rp 500 Juta

Kustini mengaku bangga kepada para petani Kalurahan Pondokharjo yang telah berhasil melakukan panen perdana untuk komoditas mentimun. Menurutnya, hasil panen tersebut dapat memotivasi petani untuk meningkatkan produksi komoditas mentimun di sleman.

Sementara itu, Lurah Pondokrejo, R Widiyatama menyampaikan, program optimalisasi tersebut dilakukan di atas lahan tanah kas desa seluas 3 hektar dengan jumlah petani penggarap sebanyak 28 orang dari seluruh Padukuhan di Kalurahan Pondokrejo, Tempel.

Ia menjelaskan, dalam memanfaatkan tanah kas desa, para petani menerapkan sistem tumpang sari dengan menanam cabai dan mentimun di lahan tersebut. Sehingga panen dilakukan lebih dahulu untuk komoditas mentimun karena waktu penanaman hingga panen, relatif lebih cepat dibanding cabai. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU