Senin, April 15, 2024
BerandaJogjakartaForpi Kota Yogyakarta Temukan Sampah Menggunung di Jalan Munggur Kota Yogyakarta

Forpi Kota Yogyakarta Temukan Sampah Menggunung di Jalan Munggur Kota Yogyakarta

JOGJAEKSPRES.COM – Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan disejumlah titik lokasi dampak dari penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan, Bantul, DIY, Kamis, 27 Juli 2023 malam.

Penutupan TPA Piyungan Bantul berlaku sejak tanggal 23 Juli hingga 5 September 2023 mendatang.

Pemantauan salah satunya dilakukan di Jalan Munggur, Kota Yogyakarta. Nampak tumpukan sampah yang menggunung hingga ke pinggir jalan trotoar.

Baca Juga: Menilai Perlunya Gerakan Nol Sampah

“Bahkan sampah-sampah tersebut menutupi ruang garasi pemilik rumah. Akibat dari tumpukan sampah muncul bau tidak sedap dan banyak belatung. Selain itu banyak sampah-sampah hingga ke jalan trotoar,” ujar Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba.

Meski sudah ada tulisan larangan membuang sampah di lokasi tersebut, namun tumpukan sampah menggunung tak terhindarkan.

“Dari hasil pemantauan Forpi Kota Yogyakarta pada tahun sebelumnya, lokasi ini dijadikan langganan membuang sampah. Khususnya saat TPA Piyungan, Bantul, ditutup,” kata Kamba.

Baca Juga: Forpi Kota Yogyakarta Minta Pemangku Kebijakan Duduk Bersama Cari Solusi Atasi Sampah

Saat tim Forpi Kota Yogyakarta berada dilokasi, terciduk seorang warga membuang sampah dilokasi tersebut dengan menggunakan sepeda motor matik.

“Hapannya dalam waktu yang tidak terlalu lama Pemerintah Kota Yogyakarta menemukan lokasi tempat penitipan sampah meskipun sifatnya sementara. Dan menambah membuka depo-depo sampah yang lokasinya sering dijadikan tempat pembuangan sampah. Sembari menunggu TPA Piyungan Bantul dibuka,” kata Kamba.

Selain itu dilokasi tersebut dipasang CCTV karena sering dijadikan langganan membuang sampah. Sampah yang menggunung di lokasi itu segera diambil oleh dinas terkait agar tidak semakin banyak dan tidak menimbulkan bau. Mengingat dilokasi tersebut terdapat sekolah. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU