Rabu, Mei 29, 2024
BerandaJogjakartaForpi Kota Yogyakarta Minta Pemangku Kebijakan Duduk Bersama Cari Solusi Atasi Sampah

Forpi Kota Yogyakarta Minta Pemangku Kebijakan Duduk Bersama Cari Solusi Atasi Sampah

JOGJAEKSPRES.COM – Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta meminta kepada para pemangku kebijakan baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk duduk bersama membahas masalah sampah serta mencari solusi baik jangka pendek, menengah dan panjang guna mengatasi masalah sampah yang menjadi momok saat TPA Piyungan, Bantul, ditutup.

“Hal ini penting segera dilakukan agar ada solusi untuk menangani masalah sampah. Jika tidak ada solusi segera, maka akan dikhawatirkan penumpukan sampah kembali terjadi seperti tahun sebelumnya,” ujar Baharuddin Kamba, Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Rabu, 26 Juli 2023.

Menurut Kamba, kebijakan tidak hanya melarang tetapi ada solusi bersama agar masalah sampah segera diatasi.

Baca Juga: Masalah Sampah Sebenarnya Sederhana jangan Dibuat Rumit

“Adanya pemberitaan bahwa warga didaerah Cangkringan setempat menolak dijadikan lokasi tempat penitipan sampah sementara seharusnya hal ini tidak terjadi,” kata Kamba.

Jika tingkat Kalurahan hingga Kabupaten gagal, menurut Kamba, maka langkah terakhir adalah Sri Sultan HB X baik sebagai Gubernur DIY maupun sebagai Raja Jogja turun langsung menemui warga sekitar.

“Toh lokasi yang akan dijadikan tempat penitipan sementara merupakan tanah sultan. Diajak dialog dari hati ke hati. Karena ini menyangkut kepentingan bersama,” kata Kamba.

Baca Juga: Forpi Kota Yogyakarta: Sampah Organik dapat Dimanfaatkan menjadi Pupuk untuk Pertanian

“Kalau memang masyarakat sekitar tetap kekeh menolak, maka pengerjaan pembangunan transisi 2 segera dirampungkan. Syukur-syukur sebelum tanggal 5 September 2023 mendatang, lokasi tersebut sudah bisa digunakan. Lebih cepat lebih baik,” imbuhnya.

Kamba menambahkan, walaupun harus mencari lokasi lainnya perlu waktu.

“Hal lain yang bisa dilakukan adalah mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk memilah sampahnya sebelum dibuang ke depo-depo yang melayani pembuangan sampah,” kata Kamba.

Baca Juga: Anggota DPRD Kota Yogyakarta: Memilah Sampah dapat Menurunkan Volume Sampah

“Jangan dibuang dipinggir-pinggir jalan. Padahal petugas dari DLH Kota Yogyakarta beberapa hari ini sudah membersihkan sampah-sampah yang sempat menumpuk di jalan-jalan utama di Kota Yogyakarta,” pungkasnya. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU