Rabu, Mei 29, 2024
BerandaJogjakartaTerkait Kebutuhan Satlinmas untuk Pemilu 2024, Begini Kata Pemkot Yogyakarta

Terkait Kebutuhan Satlinmas untuk Pemilu 2024, Begini Kata Pemkot Yogyakarta

JOGJAEKSPRES.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memastikan memenuhi jumlah personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang dibutuhkan untuk mendukung keamanan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Mengingat jumlah Satlinmas yang ada di Kota Yogyakarta sudah melebihi dari yang dibutuhkan untuk Pemilu 2024. Adapun tugas Satlinmas adalah menjaga keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu.

Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat menyebut, dalam Pemilu 2024 total ada 1.298 TPS di Kota Yogyakarta.

Tiap TPS membutuhkan 2 personel Satlinmas, sehingga total ada 2.596 personel Satlinmas di seluruh TPS di Kota Yogyakarta untuk Pemilu tahun 2024.

“Masing-masing TPS kita siapkan dua orang personel Satlinmas. Saat ini sudah bisa kita penuhi,” ujar Octo dalam jumpa pers isu terkini di Balai Kota Yogyakarta, Kamis 1 Februari 2024.

Baca Juga : Jaga Kondusifitas Wilayah, Warga Notoprajan Bangun Posko Pemilu Damai

Kebutuhan personel Satlinmas di TPS untuk Pemilu 2024 itu bisa dipenuhi karena jumlah Satlinmas yang ada di Kota Yogyakarta lebih banyak.

Octo menyampaikan, jumlah Satlinmas di Kota Yogyakarta per Januari 2024 ada 4.200 personel yang tersebar di 45 kelurahan.

Pihaknya juga telah menindaklanjuti Permendagri Nomor 11 tahun 2023 tentang sarana prasarana bagi Satlinmas. Satpol PP Kota Yogyakarta telah melaksanakan pengadaan dan mendistribusikan sekitar 3.200 pakaian dinas lapangan Satlinmas.

“Satpol PP telah selesai melaksanakan kegiatan pengadaan maupun distribusi pakaian dinas lapangan Satlinmas, termasuk topi dan sepatunya,” terangnya.

Selain itu, Satpol PP Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan apel kesiapan khusus Satlinmas pada Rabu 7 Februari 2024 di halaman parkir Stadion Mandala Krida.

Baca Juga : Pemkot Yogyakarta Siapkan 2.000 Vaksin Rabies di 13 Klinik

Apel tersebut untuk memastikan kesiapan seluruh personel Satlinmas yang bertugas dalam membantu penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Apel juga bertujuan memastikan jumlah Satlinmas yang dibutuhkan di seluruh TPS di Kota Yogyakarta telah terpenuhi,” kata Octo.

“Memastikan seluruh personel Satlinmas yang melaksanakan tugas pengamanan ini dalam keadaan sehat, bugar jasmani dan rohani. Termasuk memastikan Satlinmas yang menjalankan tugas menjunjung tinggi profesionalisme dan netralitas,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo mengatakan, Pemkot Yogyakarta juga menyiapkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam kondisi sehat dan dijamin BPJS Kesehatan.

Selain melayani pemeriksaan kesehatan bagi petugas KPPS lewat puskesmas, Pemkot Yogyakarta juga mengajak KPPS senam bersama pada Jumat, 2 Februari 2024 di Balai Kota Yogyakarta.

“Makanya besok Jumat dilakukan senam bagi petugas KPPS untuk bersama-sama menjaga kebugaran. Keseluruhan anggota KPPS kita lakukan jaminan kesehatan. Kemarin setelah dilakukan identifikasi terdapat 550 yang belum (ada jaminan kesehatan), kemudian kita ajukan menjadi anggota BPJS kesehatan,” jelas Singgih.

“Kita juga suplai madu dan multivitamin supaya saat melakukan tugasnya dalam kondisi fit,” pungkasnya. (rls/mar)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU