Rabu, Februari 21, 2024
BerandaEkonomi BisnisSoda Pos Hadir Siapkan UMKM Hadapi Digitalisasi

Soda Pos Hadir Siapkan UMKM Hadapi Digitalisasi

JOGJAEKSPRES.COM – Membantu para pelaku UMKM menuju digitalisasi, sebagai Enterpreneur Technology, Abdul Kholik menerbitkan sebuah aplikasi guna membantu para UMKM tersebut melalui Soda Pos yang memiliki arti Solusi Dagang Point of Sales.

Hal itu berawal ketika dirinya melihat adanya problematika dari para pelaku UMKM yang belum mendigitalisasikan bisnis mereka, baik dari proses transaksi maupun penjualan.

“Sekarang eranya sudah digital. Saya melihat adanya problematika dari teman-teman UMKM, jadi belum mampu mendigitalisasikan bisnisnya, baik proses transaksi maupun penjualan,” ujar Abdul Kholik, Sabtu 10 Desember 2022 di Yogyakarta.

Melalui aplikasi Soda Pos, nantinya para pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi tersebut bisa mengurai permasalahan bisnisnya.

‘Nantinya UMKM bisa naik kelas, dan aplikasi ini bisa digunakan dalam semua bisnis, tidak hanya bisnis besar saja,” kata CEO Soda Pos ini.

Dijelaskan Abdul Kholik, melalui aplikasi Soda Pos ini bisa menjadikan sebuah laporan keuangan, analitik data, pembiayaan permodalan, pengotimalan digital marketing, yang kesemuanya berhubungan dengan dunia digital.

Namun, diakui Abdul Kholik yang sering menjadi permasalahan dalam dunia UMKM adalah belum terlatih tentang literasi keuangan.

“Masalah utama UMKM adalah belum meleknya terhadap transaksi keuangan,” katanya.

Nantinya diharapkan dengan digunakannya aplikasi Soda Pos kepada para pelaku UMKM bisa membuat mereka lebih terbuka dengan kemajuan teknologi yang ada, serta menguasainya.

“Yang terpenting, UMKM bisa naik kelas,” pungkas Abdul Kholik. (rls/bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU