Senin, April 15, 2024
BerandaJogjakartaKKN UAD Lakukan Penghijauan di Kebun Toga Bustan Adi Bausasran

KKN UAD Lakukan Penghijauan di Kebun Toga Bustan Adi Bausasran

JOGJAEKSPRES.COM – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 87 Unit II D.1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta yang diketuai Dimas Ananta Pribadi melakukan pembaharuan dan penghijauan di kebun toga “Bustan Adi” RW 11 Bausasran, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta.

Sebanyak 11 orang mahasiswa KKN Alternatif 87 Unit II D.1 UAD juga menciptakan inovasi menarik di kebun toga Bustan Adi RW 11 Bausasran.

Selain itu juga mengadakan pembuatan rak tanaman dari bambu yang digunakan untuk mengatasi ketersediaan lahan menjadi salah satu proyek bermanfaat yang dilakukan selama menjalani kegiatan KKN di wilayah RW 11 Bausasran, Yogyakarta.

Bambu digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan rak tanaman di Kebun Toga Bustan Adi RW 11 Bausasran. “Karena sifat bambu yang ramah lingkungan dan memiliki daya tahan yang kuat,” kata Dimas Ananta Pribadi, Jum’at (28/7/2023).

Menurut Dimas, bambu juga mempunyai estetika yang menarik. “Menjadikan bambu dipilih sebagai bahan utama pembuatan rak tanaman di kebun tersebut,” tandasnya.

Setelah melalui serangkaian tahap perencanaan dan perancangan, rak tanaman dari bambu akhirnya terwujud.

Proses pembuatan rak tanaman dari bambu itu melibatkan kerja sama dan ketrampilan dari seluruh anggota unit.

Kegiatan pembuatan rak tanaman dari bambu yang dilakukan mulai 17 Juni 2023 lalu, kini mulai dirawat baik oleh seluruh anggota KKN Alternatif 87 Unit II D.1 UAD dan masyarakat sekitar

“Menjadikan tanaman yang tersusun di atas rak bambu tumbuh dengan subur hingga hari penarikan KKN,” kata Dimas.

Adapun penarikan KKN Alternatif 87 Unit II D.1 UAD di RW 11 Bausasran dilaksanakan pada 21 Juli 2023. Sebelum dinyatakan selesai waktunya dalam menjalankan kegiatan KKN di RW 11 Bausasran, seluruh anggota KKN Alternatif 87 Unit II D.1 UAD antusias melakukan perawatan pada rak tanaman.

Selama hampir satu bulan ini, KKN Alternatif 87 Unit II D.1 UAD juga menanam berbagai macam tanaman. “Sehingga saat ini taman tersebut telah ditumbuhi banyak sayuran,” terang Dimas.

Meski sudah selesai melaksanakan kegiatan, mahasiswa KKN Alternatif 87 Unit II D.1 UAD berharap masyarakat tetap ikut menjaga dan merawat taman ini.

Melalui proyek inovatif ini, mahasiswa KKN Alternatif 87 Unit II D.1 UAD (Universitas Ahmad Dahlan) telah memberikan kontribusi nyata bagi keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Rak tanaman dari bambu ini menjadi bukti nyata bahwa dengan kreativitas dan kerja keras masyarakat dapat menciptakan solusi-solusi berkelanjutan yang lebih baik. (fan)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU