Minggu, April 14, 2024
BerandaJogjakartaInovasi Mengantar DIY sebagai Provinsi Terbaik pada Anugerah Layanan Investasi 2023

Inovasi Mengantar DIY sebagai Provinsi Terbaik pada Anugerah Layanan Investasi 2023

JOGJAEKSPRES.COM – Upaya peningkatan kualitas pelayanan perizinan dan penanaman modal yang dilakukan oleh Pemda DIY melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DIY akhirnya berbuah manis.

DIY berhasil meraih peringkat terbaik ke-2 Anugerah Layanan Investasi 2023 Kategori Pemerintah Daerah Provinsi atas Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Anugerah Layanan Investasi merupakan acara penghargaan yang digelar dalam rangka mengapresiasi instansi pemerintah, yaitu Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah yang memperoleh hasil penilaian terbaik atas kinerja layanan investasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

Gelaran Penganugerahan ini diadakan pada Rabu, 8 November 2023 di Hotel Shangri-La Jakarta.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X.

Baca Juga: Pemda DIY Ajukan Pinjaman Rp116 Miliar buat Beli Alat untuk Mengatasi Masalah Sampah

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang Anugerah Layanan Investasi 2023.

“Semoga ALI 2023 semakin memperkuat semangat dan komitmen kita bersama untuk mendorong peningkatan investasi di Indonesia,” kata Wapres.

Pada kesempatan ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menekankan bahwa peningkatan realisasi investasi sebagai salah satu tema utama Reformasi Birokrasi investasi mesti menguntungkan dari sisi ekonomi, sosial, kebudayaan dan lingkungan.

Peluang dan potensi besar pada sektor halal agar dimanfaatkan sebaik-baiknya dan perlu segera untuk ditindaklanjuti dengan cara mendorong kawasan industri halal menjadi Kelompok Ekonomi Khusus (KEK) halal untuk melebarkan peluang investasi di sektor halal di Indonesia.

Adapun sektor potensi di masing-masing daerah dapat terus digali guna membawa efek berganda bagi perekonomian daerah dan mewujudkan pemerataan ekonomi di seluruh Tanah Air.

Baca Juga: Cegah Penyakit Antraks Meluas, Pemda DIY Lakukan Isolasi, Vaksinasi dan Edukasi

Sementara, Menteri Investasi/ Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa investasi di Indonesia dari tahun ke tahun berkembang baik. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya target investasi pada 2023 sebesar 100,6 persen atau 1.207,2 triliun dari target 1.200 triliun.

Menteri investasi Bahlil Lahadalia optimis pada Desember 2023 target investasi bisa mencapai 1.400 triliun rupiah.

Disampaikan pula bahwa investasi harus berimbang antara PMA 53,6 persen dan PMD 46,3 persen.

Raihan DPMPTSP DIY ini, meningkat secara signifikan dibanding tahun–tahun sebelumnya dimana pada Tahun 2021 DIY berada pada urutan ke-17 dan Tahun 2022 DIY berada di peringkat ke-4.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga mampu meraih peringkat terbaik kedua dalam Anugerah Layanan Investasi 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi Republik Indonesia.

Baca Juga: Meski Kembali Meraih Predikat WTP ke-13, Pemda DIY Masih Punya PR

“Penghargaan yang diberikan atas kinerja pelayanan terpadu satu pintu dan percepatan pelaksanaan berusaha, menjadi penyemangat bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik, tentu prestasi ini adalah hasil kerja keras kita bersama,” tuturnya.

Sri Paduka Paku Alam berharap, penghargaan bukanlah merupakan tujuan utama, melainkan motivasi untuk meningkatkan pelayanan prima yang mudah, murah dan cepat, demi terwujudnya iklim investasi Yogyakarta yang istimewa.

Gelaran pemberian penghargaan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Penilaian Kinerja PTSP dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang dimulai sejak awal tahun 2023, kemudian dilakukan pemaparan oleh 8 Nomine pada pertengahan September 2023 dan Uji Petik lapangan pada akhir September 2023.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DIY, Agus Priono yang mendampingi Wakil Gubernur DIY pada acara tersebut menyampaikan bahwa DPMPTSP adalah Wajah Utama Pelayanan Publik, untuk itu pihaknya terus menerus melakukan perbaikan dalam berbagai aspek untuk memajukan pelayanan.

“Berkaca dari pengalaman penilaian di tahun sebelumnya kami terus mengevaluasi kekurangan dan apa saja yang bisa dilakukan perbaikan dan peningkatan,” katanya.

Baca Juga: Pemda DIY Luncurkan Strategi Kebijakan “Kreasi Batik”, Bersama Wujudkan Ekonomi Inklusif

Peningkatan kualitas pelayanan baik menyangkut kelembagaan, inovasi, SDM, Sarpras dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha memang selalu menjadi tujuan atau target sasaran DPMPTSP.

Pewujudan Motto “Pelayanan Terbaik Komitmen Kami” terus dilakukan dalam rangka menciptakan iklim usaha yang semakin kondusif dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian DIY.

Peningkatan kualitas pelayanan perizinan selama setahun terakhir yang diwarnai banyak inovasi merupakan salah satu faktor pendongkrak yang membawa DPMPTSP akhirnya dapat memboyong hasil gemilang di tahun 2023 untuk penghargaan Anugerah Layanan Investasi ini.

“Pada intinya kami di tahun ini berfokus pada bagaimana mendekatkan diri ke konsumen (pemohon izin/layanan) untuk memudahkan mereka mengakses layanan perizinan dan penanaman modal yang kami sediakan. Untuk itu digitalisasi layanan seperti pengadaan call center dan layanan digital terintegrasi, layanan jemput bola serta pelaksanaan forum–forum koordinasi multistakeholder untuk penguatan jejaring merupakan strategi utama yang kami lakukan,” tambahnya.

Agus juga menjelaskan bahwa pihaknya senantiasa melaksanakan arahan Gubernur untuk memberikan pelayanan yang ramah, mudah, cepat dan mengupayakan pemohon jasa pelayanan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam pengurusan perizinan dan penanaman modal. Kedepan, Agus sudah menyiapkan beberapa program yang menjadi andalan dalam memajukan layanannya. (rls)

Sumber: Humas DIY

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU