Senin, April 15, 2024
BerandaJogjakartaHarmonisasi dalam Yogyakarta Gamelan Festival 2023

Harmonisasi dalam Yogyakarta Gamelan Festival 2023

JOGJAEKSPRES.COM – Pembukaan Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-28 dilaksanakan di Stadion Kridosono, Jl. Yos Sudarso, Kotabaru, Kemantren Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Minggu, 20 Agustus 2023.

Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-28 kali ini mengusung tema “Gaung Gamelan” yang diikuti oleh 1.000 penggamel dari 40 kelompok karawitan di Yogyakarta.

Adapun rangkaian Yogyakarta Gamelan Festival ini dilaksanakan selama tiga hari di Pasar Ngasem Square pada 23-26 Agustus 2023.

Baca Juga: Wakil Bupati Sleman Dorong Pelestarian Warisan Budaya Wayang Kulit

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan, Yogyakarta Gamelan Festival ini bukanlah sekadar pentas seni semata.

“Namun Yogyakarta Gamelan Festival ini akan mengajak kita semua memasuki momentum pembelajaran hidup melalui harmoni irama,” kata Sri Sultan HB X.

Menurut Sri Sultan HB X, semua dilakukan dengan merenungkan makna secara mendalam sembari menikmati nada yang mengalun dari orkestrasi yang mengiringinya.

Baca Juga: UMKM Kuliner di DIY Diminta Segera Mengurus Izin

Orkestrasi gamelan, kata Sri Sultan HB X, sejatinya merupakan sebuah gambaran perjalanan luar biasa yang menghubungkan jiwa-jiwa dalam simpul keindahan.

“Selayaknya alunan laras Slendro dan Pelok yang membentuk diri menuju irama keseimbangan hidup,” kata Sri Sultan HB X.

Inilah momentum istimewa, di mana 1.000 penggamel yang terpadu dalam 40 kelompok berupaya mewakili berjuta perasaan seiring irama gending yang memukul hati dan pikiran kita.

Baca Juga: MMBP – PSMTI DIY Gelar Baksos di Panti Asuhan Santo Thomas Gunungkidul

Harmonisasi itu, menurut Sri Sultan HB X, akan menciptakan simfoni kehidupan yang tak terlupakan sekaligus menjadi portal pembelajaran hidup, memancarkan cahaya nilai-nilai edukasi dan pelestarian budaya.

“Semoga juga Yogyakarta Gamelan Festival ke-28 ini memberikan hikmah dalam kemanusiaan mengajarkan kita akan keseimbangan harmoni dan keindahan dalam keberagaman,” tandas Sri Sultan HB X.

Melalui acara ini diharapkan semua mampu merangkai benang-benang warisan budaya menjadi daya tarik wisata bagi DIY dan menginspirasi kita untuk melangkah bijak menuju masa depan atas semua itu.

Baca Juga: Ini Rangkaian Acara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di DIY

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengapresiasi setiap individu dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Yogyakarta Gamelan Festival ke-28 ini.

“Semua tangan yang bekerja selayaknya seribu pengeras yang memainkan gamelan membentuk simfoni kerjasama yang tak terlupakan, terima kasih atas dedikasi dan semangat Anda semuanya,” pungkasnya. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU