Rabu, Februari 28, 2024
BerandaJogjakartaIni Rangkaian Acara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di DIY

Ini Rangkaian Acara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di DIY

JOGJAEKSPRES.COM – Dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, banyak digelar berbagai acara, baik yang sifatnya perlombaan, hiburan, ataupun seremoni peringatan hari besar Bangsa Indonesia tersebut.

Seperti yang tengah dipersiapkan oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Disampaikan Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI ke-78 yang juga Asisten Sekretaris DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Sumadi, akan ada sederet acara di Yogyakarta yang digelar mulai 14 hingga 26 Agustus 2023.

Baca Juga: 40 Bacaleg PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Turun Bersihkan Sampah di 25 Pasar

Rangkaian acara itu dimulai dengan penyematan Satya Lencana di Kantor Kepatihan dan pemberian remisi untuk tahanan pada 14 Agustus 2023.

Lalu pada 16 Agustus digelar pengambilan bendera oleh Paskibraka disusul malam tirakatan di Bangsal Kepatihan.

Pada 17 Agustus di Komplek Kepatihan Jalan Malioboro akan digelar upacara bendera pukul 07.00 WIB sedangkan upacara bendera di Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta digelar mulai pukul 08.00 WIB.

Baca Juga: Samsat DIY Bebaskan Denda Kendaraan Bermotor hingga 30 September 2023

Tepat pukul 10.00 WIB masyarakat bisa menyaksikan detik-detik proklamasi. Pada pukul 10.17 WIB setidaknya tujuh sirine akan dibunyikan serentak di beberapa titik di DIY.

Pembunyian sirine itu sebagai penanda bagi masyarakat detik-detik proklamasi. Selama sirine dibunyikan masyarakat diharapkan turut berpartisipasi dengan menghentikan sementara aktivitasnya. Tempat-tempat yang memiliki sirine baik tempat umum seperti tempat ibadah juga diharapkan membunyikan sirine saat peringatan detik-detik proklamasi itu.

Lalu pada tanggal 17 Agustus 2023 sore dilakukan kegiatan penurunan bendera dan pengembalian bendera. Sementara malam harinya akan digelar acara resepsi dengan melibatkan veteran, keluarga pahlawan, beserta keluarga Keraton Yogyakarta dan Pura Pakualaman.

Baca Juga: TPA Regional Piyungan Ditutup, Pemkab Bantul Luncurkan ASN Pemilah Sampah

Kemudian pada 19 Agustus 2023 juga akan digelar acara konser orkestra dan paduan suara Serenade Bunga Bangsa bertajuk Istimewa Yogyakartaku, Indonesia Maju mulai pukul 19.00 WIB di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta atau TBY.

Sedangkan pawai Kemerdekaan akan digelar di Jalan Malioboro tanggal 26 Agustus sore.

“Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI di Yogya tahun ini akan kami gelar seperti perayaan sebelum pandemi Covid-19,” kata Sumadi, Jumat, 11 Agustus 2023. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU