Senin, April 15, 2024
BerandaSeni BudayaGKR Hemas dan Bupati Sleman, Hadiri Puncak Festival NGROWHOD 2022

GKR Hemas dan Bupati Sleman, Hadiri Puncak Festival NGROWHOD 2022

JOGJAEKSPRES.COM – Dukung pelestarian budaya, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, hadiri puncak upacara Adat Ngleluri Ombyaking Warga Hametri Kuncaraning Desa atau Ngrowhod 2022, bertempat Balai Budaya Girikerto, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (25/9/2022).

Lurah Girikerto, Sudibya, melaporkan kepada GKR Hemas bahwa Ngrowhod merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Girikerto, dalam pelaksanaannya dilakukan dengan berbagai aktivitas seperti kegiatan keagamaan, pertunjukan tari, karawitan, jathilan, hingga kethoprak yang berlangsung selama 9 hari, juga diadakan pasar malam bagi masyarakat setempat.

Tidak hanya menjadi ajang syukur, Ngrowhod juga menjadi bentuk kebersamaan, kerukunan, dan gotong royong antar masyarakat, semoga dengan kegiatan ini meningkatkan kerukunan bagi warga Girikerto dan sekitarnya, ujar Sudibya

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan Ngrowhod 2022.

Bupati Sleman menilai Ngrowhod merupakan agenda positif yang perlu dilestarikan dengan melibatkan seni pertunjukan tradisional, karna Ngrowhod bisa menjadi akar dari pembentukan karakter generasi muda, tutur Kustini Sri Purnomo.

Sementara itu, GKR Hemas , mengapresiasi inisiatif warga Girikerto, dalam melaksanakan upacara adat ini, semoga kegiatan ini tak sekadar dilaksanakan, namun juga perlu untuk dilestarikan, dengan demikian pemahaman terhadap filosofi yang tersimpan di dalam kegiatannya dapat dipahami lebih jelas, demikian juga penerapan nilai -nilai positifnya dalam kehidupan sehari-hari akan lebih mudah dilakukan. Tutur anggota DPD RI.

GKR Hemas, mengatakan saya acungi jempol untuk masyarakat Girikerto yang masih semangat melaksanakan upacara adat Ngrowhod, kegiatan seperti ini termasuk nguri-uri budaya, sehingga perlu diperbanyak dan dilestarikan, ujarnya.

Usai kegiatan Ngrowhod, GKR Hemas dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo , melanjutkan kegiatan dengan meresmikan stasiun pengisian tangki air yang merupakan dukungan dari Dana Keistimewaan.

Stasiun pengisian tangki air tersebut, ditargetkan dapat menjadi sumber peningkatan pendapatan asli kelurahan serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat.(ome)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU