Minggu, April 14, 2024
BerandaJogjakartaDPW PKS DIY Ziarah ke TMP Kusumanegara Yogyakarta

DPW PKS DIY Ziarah ke TMP Kusumanegara Yogyakarta

JOGJAEKSPRES.COM – DPW PKS DIY melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta, Sabtu (30/9/2023).

Ketua DPW PKS DIY, Agus Mas’udi menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 2023, sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang menjadi korban keganasan peristiwa G30S/PKI.

“Ini sudah menjadi kegiatan rutin kami tiap tahun pada momen peringatan G30S/PKI atau Hari Pahlawan, sebagai pengingat kami kader-kader PKS untuk selalu mengingat dan menghormati para pahlawan,” ujarnya disela acara.

Kegiatan ziarah ini juga menjadi bentuk aplikasi perkataan Bung Karno yang terkenal, “Jas Merah” atau “Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah”. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya”.

“Tentunya juga agar generasi kita, generasi muda sebagai penerus bangsa dan seluruh rakyat Indonesia mengambil pelajaran, serta mewaspadai paham komunisme yang berkembang agar peristiwa kudeta seperti peristiwa kelam G30S/PKI tidak kembali terulang,” jelas Agus Mas’udi yang akrab dipanggil Gus’ud ini.

Rombongan DPW PKS DIY yang terdiri dari Pengurus Harian dan Anggota Fraksi PKS DPRD DIY berziarah dan berdo’a diawali dari makam Panglima Besar Jendral Soedirman.

Kemudian dilanjut ke makam dua Pahlawan Revolusi yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Brigadir Jenderal TNI (Anumerta) Katamso Darmokusumo dan Kolonel Infantri (Anumerta) R. Sugiyono Mangunwiyoto.

Dilanjut ke makam Prof. Dr. M. Sardjito, M.D., M.P.H. yang telah dinobatkan menjadi pahlawan nasional pada 2019 silam. (rls/arf)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU