test
Selasa, Juni 18, 2024
BerandaPendidikanDorong Transformasi Industri di AMIKOM Yogyakarta, AMD Beri Pemahaman AI

Dorong Transformasi Industri di AMIKOM Yogyakarta, AMD Beri Pemahaman AI

JOGJAEKSPRES.COM – Perusahaan prosesor AMD memberikan pemahaman peran Artificial Intelligence (AI) dalam mendorong transformasi industri di Universitas AMIKOM Yogyakarta.

Commercial Lead AMD Indonesia, Brando Lubis mengatakan AI juga membawa manfaat bagi dunia pendidikan.

Tidak hanya mengoptimalkan proses pembelajaran, tetapi juga berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Diperlukan integrasi proses bisnis dan sistem, termasuk sumber daya dan teknologi sehingga transformasi AI menjadi optimal.

“AMD Indonesia mendukung penuh peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer di Indonesia, khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan komitmen AMD untuk berinovasi sehingga mampu mewujudkan sumber daya yang handal di bidangnya,” katanya, Senin (4/3/2024).

Baca Juga: UWM Melangkah Global, Kunjungi NIU untuk Perkuat Kerjasama

“Tentu hal tersebut memerlukan dukungan banyak pihak, salah satunya Universitas AMIKOM Yogyakarta. Diharapkan Universitas AMIKOM Yogyakarta dapat menjadi salah satu kampus terapan bagi kampus-kampus atau sekolah lain yang menekuni bidang Teknologi Informasi,” sambungnya.

Dalam acara teknologi tersebut, AMD Indonesia turut memperkenalkan teknologi prosesor Ryzen™ PRO 7040 Series Mobile yang baru dan juga jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat dalam jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis.

Pihaknya juga mempresentasikan kecanggihan dari CPU Server terbarunya. Kehadiran rangkaian prosesor AMD EPYC™ Generasi Keempat dapat disesuaikan kebutuhan pengguna untuk memberikan kinerja unggul dan terdepan dalam tujuan umum, cloud native, atau beban kerja komputasi teknis.

Wakil Rektor 4 Bagian Kerjasama Nasional dan International dari Universitas AMIKOM Yogyakarta, Arief Setyanto, S.Si., MT, Ph.D. menerangkan Universitas AMIKOM Yogyakarta merupakan universitas pertama mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5.

Selain itu, AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD.

Baca Juga: Miliki Pusat Keunggulan, SMK Negeri 2 Pengasih Kulonprogo Layak Dapatkan Predikat A Plus

“Kami fokus mengembangkan penelitian dan produk yang berbasis pada prosesor, salah satunya AMD. Jadi ada beberapa riset language learning model untuk bahasa lokal Indonesia. Kami banyak deep learning model untuk object detection maupun object classification,” terangnya.

“Tidak cuma pendidikan, tetapi juga pertanian, kami mengembangkan flying robot untuk mendeteksi buah yang matang atau belum. Itu kan membutuhkan prosesor yang kecil, tidak mungkin memasang laptop.

Melalui kerjasama yang terjalin, para lulusan lebih siap terjun langsung dengan memberikan kontribusi nyata di masyarakat,” imbuhnya. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU