Senin, April 15, 2024
BerandaJogjakartaBPBD DIY: Masyarakat dan Wisatawan Jangan Panik Terkait Potensi Megathrust

BPBD DIY: Masyarakat dan Wisatawan Jangan Panik Terkait Potensi Megathrust

JOGJAEKSPRES.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau masyarakat dan wisatawan agar tidak panik dengan adanya informasi potensi Megathrust di sisi Selatan DIY yang bisa memicu gempa bumi berkekuatan hingga Magnitudo 8,7 dan Tsunami setinggi lebih dari 3 meter.

“Masyarakat tidak perlu takut dan tidak perlu panik. Informasi tersebut hanyalah potensi,” ujar Plt Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad melalui keterangan resmi yang dikeluarkan Pemda DIY, Jumat, 18 Agustus 2023.

Noviar juga meminta kepada wisatawan agar tidak mengurungkan niatnya untuk berkunjung ke Yogyakarta terkait adanya informasi Megathrust tersebut.

Baca Juga: Ancaman Gempa Besar Megathrust di Selatan Pulau Jawa, Ini Penjelasannya

“Wisatawan tidak perlu panik, tidak perlu mengurungkan niatnya datang ke Yogyakarta,” kata dia.

Karena menurutnya, bencana alam seperti gempa bumi tetaplah menjadi bencana yang tidak bisa dipastikan kapan terjadinya.

“Sekali lagi ini potensi bukan prediksi. Soal kewaspadaan tentunya semua harus waspada, bahkan setiap saat. Karena yang mempunyai potensi Megathrust bukan hanya selatan Jawa saja, tapi juga barat Sumatera dan selatan Papua,” kata Noviar.

Baca Juga: Sesar Opak di DIY Masih Aktif, Picu Gempa Megathrust M 8,7 dan Tsunami 10 Meter

Selama ini, sambung Noviar, di DIY juga sering mengalami gempa bumi kecil yang bisa membuat lempengan tektonik dapat mengeluarkan energinya sedikit demi sedikit yang membuat potensi gempa bumi dengan kekuatan besar menjadi berkurang. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU