Selasa, April 16, 2024
BerandaJogjakartaAntusias Masyarakat pada Donor Darah Spesial Ramadhan di Masjid Gede Kauman Yogyakarta

Antusias Masyarakat pada Donor Darah Spesial Ramadhan di Masjid Gede Kauman Yogyakarta

JOGJAEKSPRES.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih menggelar donor darah spesial Ramadhan, Sabtu, 30 Maret 2024 di halaman Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Dewan Kehormatan PMI DIY, GPH Indrokusumo menyampaikan, kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Donor darah bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih ini rutin dilakukan setiap tahunnya di bulan Ramadhan,” ujarnya disela kegiatan donor darah.

Dia juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian terhadap sesama melalui kegiatan donor darah spesial Ramadhan kali ini.

“Antusias masyarakat besar sekali, kami berterimakasih atas kepedulian terhadap sesama manusia lewat donor darah ini,” katanya.

Baca Juga: PMI Kota Yogyakarta Siaga di Tiga Titik saat Libur Lebaran

Plt Ketua PMI Kota Yogyakarta, Irjen Pol (Purn) Haka Astana menjelaskan, donor darah spesial Ramadhan ini dilaksanakan setiap tahunnya, karena tren setiap bulan Ramadhan adalah banyaknya permintaan darah, namun minimnya pendonor sukarela.

“Saat bulan puasa sampai dengan lebaran sudah barang tentu para pendonor berkurang. Nah untuk itu kami selalu berupaya untuk supaya tidak kekurangan,” katanya.

Untuk itu, dipilihlah Masjid Gede Kauman Yogyakarta yang merupakan tempat berkumpulnya masyarakat dapat menjadi salah satu alternatif menjaring pendonor darah.

“Untuk itu disini kita mudah-mudahan nisa memperoleh sumbangan darah dari rekan-rekan,” kata Haka.

Dijelaskan Mantan Kapolda DIY ini, pihaknya menargetkan 520 kantong darah dalam kegiatan donor darah spesial Ramadhan kali ini.

Baca Juga: Stok Darah di PMI Kota Yogyakarta Relatif Cukup

“90 kantong untuk yang triple, 430 untuk yanh double. Mudah-mudahan tercapai,” katanya.

Dia berharap dengan pelaksanaan donor darah ini, stok darah di Kota Yogyakarta hingga lebaran nanti bisa terpenuhi.

“Sehingga nanti sampai lebaran, stok darah ini di Kota Yogyakarta dalam rangka melayani masyarakat baik melalui rumah sakit, klinik, dan lain-lain bisa terkendali tidak kosong,” pungkasnya.

Sementara Takmir Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Azman Latif pada kesempatan yang sama mengatakan setiap amal yang dilakukan pada bulan Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk dalam berdonor darah.

“Setiap amal yang dilakukan di bulan Ramadhan itu akan dilipatgandakan, termasuk kita beramal dengan berdonor darah, itu akan dilipatgandakan pahalanya,” katanya.

Baca Juga: Susun Program Kerja Tahun 2024, PMI Kota Yogyakarta Gelar Muskerkot

Sehingga, kegiatan donor darah ini, menurut Azman dapat memotivasi jamaah Masjid Gede Kauman Yogyakarta untuk ikut serta mendonorkan darahnya.

“Sehingga kami juga memotivasi kepada jamaah, bahwa donor darah di bukan Ramadhan itu Insya Allah pahalanya lebih besar dibanding di luar bulan Ramadhan,” katanya. (bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU