Rabu, Februari 21, 2024
BerandaSlemanAksi Bergizi Puskesmas Depok II di SMPN 1 Depok

Aksi Bergizi Puskesmas Depok II di SMPN 1 Depok

JOGJAEKSPRES.COM – Puskesmas Depok II dan SMP Negeri 1 Depok, belum lama ini berkalaborasi mengadakan kegiatan aksi bergizi bertempat di SMPN 1 Depok, dihadiri Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Panewu Anom Kapanewon Depok dan Bhabinkamtibmas Condongcatur.

Kegiatan ini mengajak warga sekolah — khususnya pada siswi putri — untuk terlibat dalam salah satu bentuk kampanye pencegahan anemia melalui gerakan kesehatan masa kini yang dikemas melalui “Aksi Bergizi” yang dimulai dari senam dan jalan sehat, dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama.

Panewu Anom Kapanewon Depok, Wawan Hariawan, menyampaikan, kegiatan ini sebagai salah satu inovasi yang luar biasa dalam mengkampanyekan kesehatan. “Khususnya pencegahan anemia pada remaja putri dan mencegah stunting,” kata Wawan Hariawan.

Menurutnya, semua harus berkomitmen dan untuk remaja putri meminum TTD (Tamblet Tambah Darah) seminggu sekali. “Kami mengajak multisektoral saling mendukung serta kerjasamanya,” ucapnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman yang diwakili dr. Lina menyampaikan pentingnya meminum TTD (Tablet Tambah Darah) yang merupakan salah satu upaya untuk mencegah anemia pada remaja putri.

Sarapan pagi juga penting dalam proses belajar di kelas agar siswa-siswi lebih fokus dan dapat mencapai prestasi yang baik. “Dan tidak lupa juga agar siswa-siswi melakukan aktifitas fisik sebagai bentuk untuk membugarkan tubuh menjadi sehat,” ucap dr. Lina.

Pada kesempatan itu dr. Lina memberikan instruksi kepada siswi SMP Negeri Depok 1 untuk meminum TTD. Dilakukan pula penyerahan secara simbolis souvenir media edukasi “Isi PiringKu”.

Nutrisionir Puskesmas Depok II, Ayu Wulandari, S.Gz, memandu acara permainan dan pemberikan edukasi terkait Isi PiringKu.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan siswi-siswi di SMP Negeri 1 Depok untuk rutin minum TTD (Tablet Tambah Darah) berkelanjutan, yaitu diminum seminggu sekali, melakukan sarapan, aktivitas fisik dan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh.

Aksi bergizi mengacu pada tindakan atau kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan atau mempertahankan kesehatan dan gizi seseorang yang mencakup berbagai hal, seperti mengonsumsi makanan seimbang, berolahraga teratur, menghindari konsumsi berlebihan gula, garam dan lemak jenuh, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, mengelola stres dengan baik dan beristirahat yang cukup. (Fan)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU