Selasa, April 16, 2024
BerandaJogjakartaWaspada, Banyak Hewan Liar Masuk Rumah di Kota Jogjakarta saat Musim Hujan

Waspada, Banyak Hewan Liar Masuk Rumah di Kota Jogjakarta saat Musim Hujan

JOGJAEKSPRES.COM – Hewan liar yang masuk ke rumah warga di Kota Jogjakarta marak pada musim penghujan. Bahkan, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Jogjakarta beberapa kali mengevakuasi hewan liar seperti musang, biawak, hingga ular.

Sejak September 2022, Damkar Kota Jogjakarta telah mengevakuasi 177 sarang tawon, 55 kali evakuasi ular dan biawak, serta 42 penyelamatan kucing dan anjing.

Kepala Damkar Kota Jogjakarta, Octo Noor Arafat, mengatakan per Oktober ini, pihaknya telah melakukan evakuasi terhadap 10 ekor ular, satu ekor biawak, dan dua ekor musang.

Dia menyampaikan untuk evakuasi musang liar ini tergolong jarang dilakukan.

“Kalau musang memang agak janggal, karena di perkotaan padat penduduk tapi ada musang liar yang sampai mengganggu rumah warga,” kata dia, Rabu (26/10/2022).

Octo menuturkan musang liar yang masuk ke permukiman warga ini ditengarai sebagai dampak perubahan iklim yang menyebabkan habitat mereka rusak. Terutama saat musim penghujan karena habitat mereka diterjang banjir.

“Karena memang banyak tempat di Jogja terutama pinggir sungai yang memang sudah tinggi airnya kalau musim hujan jadi mungkin habitat musang rusak terus ke rumah warga,” ujarnya.

Dia menjelaskan kawasan permukiman warga yang berada di bantaran sungai cukup rawan terjadi kasus hewan liar masuk rumah.

“Jadi memang warga harus ekstra hati-hati, apalagi di musim penghujan ini,” katanya.

Beberapa kesalahan warga, lanjut Octo, dalam penanganan invasi hewan liar adalah penggunaan garam grosok.

“Ular dan reptil lain itu tidak mempan dengan garam grosok, justru yang harus digunakan adalah bahan-bahan wewangian seperti kapur barus, semprotan pengharum ruangan, dan lainnya,” jelasnya.

Penataan lingkungan, jelas Octo, juga harus diperhatikan karena biasanya hewan liar masuk rumah yang berantakan.

“Jadi untuk menanggulanginya saya imbau untuk penataan lingkungan,” ujarnya.

Pelatihan bagi sukarelawan Damkar Kota Jogjakarta dilakukan untuk mengantisipasi terus tingginya invasi hewan liar ke rumah warga.

“Tapi tetap jika butuh bantuan Damkar Jogja, silahkan hubungi call center kami, nanti kami bantu evakauasi” tegasnya.

Berikut ini call center Damkar Kota Jogjakarta jika masyarakat butuh bantuan evakuasi hewan liar yang masuk ke rumahnya, 0811-2828-133 dan 0274-587101. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU