Saturday, December 2, 2023
HomeSlemanTurunkan Stunting, Pemkal Condongcatur Bantu Alat Ukur BB BabyScale bagi Posyandu Balita

Turunkan Stunting, Pemkal Condongcatur Bantu Alat Ukur BB BabyScale bagi Posyandu Balita

JOGJAEKSPRES.COM – Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, pada pertemuan kader KB-Kes Kalurahan Condongcatur menyerahkan secara simbolis kepada 5 Posyandu Balita berupa alat ukur BB BabyScale bertempat di Ruang Wacana Loka pada 20 September 2023.

Sekaligus Rapat Koordinasi (Rakordasi) Kader KB-Kes Condongcatur dihadiri Lurah, Carik, Kamituwa Kalurahan Condongcatur, Penyuluh KB Kapanewon Depok, Puskesmas Depok dan 40 orang kader Posyandu Kalurahan Condongcatur.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan cek kesehatan seperti tensi, cek asam urat dan GDS dari RS Hermina Yogyakarta.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, menyampaikan, guna menunjang penurunan stunting Pemerintah Kalurahan Condongcatur memberikan bantuan tahap kedua berupa alat ukur BB BabyScale untuk 40 Posyandu Balita.U

Untuk tahap pertama telah diserahkan pada bulan Mei 2023 dan sudah didistribusikan alat ukur tinggi badan (Stadiometer).

Harapannya, dengan adanya bantuan alat tersebut pengukuran TB, BB di Posyandu lebih valid dan mempunyai standar yang sama. “Sehingga meminimalisir kesalahan pengukuran karena alat yang tidak standar antara Posyandu satu dengan yang lainnya,” ungkap Reno.

Kamituwa Condongcatur, Al Thouvik Sofisalam, selaku penanggungjawab kegiatan ini menyampaikan bahwa bantuan alat pengkur tersebut berasal dari dana desa.

Kamituwa juga menambahkan tentang penurunan stunting di wilayah Condongcatur juga didukung adanya Program DASHAT (Dapur Umum Atasi Stunting), yaitu pemberian PMT, pendampingan dan pemantauan balita yang mengalami permasalahan dengan tumbuh kembang sebanyak 20 anak.

Bulan Oktober 2023 akan dimulai tahap kedua dengan sasaran balita stunting dan Bumil KEK (Kurang Energi Kronis), misal lingkar lengan ibu hamil kurang dari 23.5, anemia dan lainnya dari keluarga tidak mampu.

Bidan Rindang dari Puskesmas Depok II menyampaikan sosialisasi tentang vaksin Rotavirus yang diberikan kepada bayi yang lahir maksimal 16 Mei 2023 secara gratis yang dilaksanakan di Puskesmas Pembantu Depok ll.

Rotavirus adalah virus berbentuk seperti roda yang memicu gastroenteritis ditandai diare dan muntah-muntah. “Sehingga bisa menyebabkan seorang anak mengalami dehidrasi berat,” kata Bidan Rindang.

Tanpa penanganan yang tepat — terutama bila anak tak pernah mendapat imunisasi vaksin rotavirus — ada kemungkinan infeksi ini berujung fatal. Rotavirus merupakan penyebab paling umum diare berat pada anak-anak.

Manfaat utama imunisasi Rotavirus adalah mencegah penularan diare akibat rotavirus. Sejumlah penelitian menyebutkan, imunisasi Rotavirus pada anak dapat mencegah hingga 74 persen.

Dan yang lebih penting, vaksin tersebut bisa mencegah sekitar 98 persen infeksi berat Rotavirus. Angka perawatan di rumah sakit akibat diare karena Rotavirus berkurang hingga 96 persen dengan imunisasi Rotavirus.

Penyuluh KB Kapanewon Depok, Siti Juwariyah, menyampaikan pelaksanaan KB gratis IUD dan implant di Klinik Pratama Delima pada tanggal 24 September 2023 dan 26 September 2023. (Fan)

Berita terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU