Rabu, Februari 28, 2024
BerandaNasionalMuseum dan Cagar Budaya di Peneleh, Titik Penting Dapur Gagasan Nasionalis Indonesia...

Museum dan Cagar Budaya di Peneleh, Titik Penting Dapur Gagasan Nasionalis Indonesia Era Bung Karno

JOGJAEKSPRES.COM – Adi Sutarwijono Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya menjelaskan bahwa keberadaan museum rumah tempat Bung Karno dilahirkan, rumah HOS Tjokroaminoto adalah tempat destinasi wisata sejarah yang penting untuk Indonesia.

Surabaya selama ini dikenal sebagai dapur nasional Indonesia yang digagas oleh Bung Karno, salah satu lokasinya adalah rumah kediaman HOS Tjokroaminoto di Kampung Peneleh Surabaya.

“Kita bisa lihat lokasi tempat Bung Karno belajar dan menyusun ide nasionalisme Indonesia di kampung Peneleh ini. Kalau ada istilah Surabaya itu dapur nasionalis, ya di rumah HOS Tjokroaminoto itulah gagasan Indonesia yang egaliter, nasionalis juga orientasi kebangsaan disusun, didiskusikan,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya, Sabtu (20/5/2023).

Adi Sutarwijono, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya menjelaskan kini, museum Cagar budaya yang dikelola pemkot Surabaya itu teus dilengkapi dengan sejumlah koleksi buku dan jadi ikon wisata sejarah penting bagi Surabaya.

Selain memberikan penjelasan berkait keberadaan museum dan cagar budaya di Peneleh, Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya saat beri sambutan dan dialog bersama Bacaleg PDI Perjuangan Yogyakarta menyemangati juga seluruh kader banteng Jogja agar bisa bekerja keras dan solid bergerak guna meraih kemenangan.

Dicontohkan, kala PDI Perjuangan Surabaya pada tahun 2020, saat pilkada dengan modal semangat kuat, terpilihnya Ery Cahyadi dan Armuji sebagai duet pemimpin Surabaya yang diajukan telah terbukti berhasil melawan calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya dari 9 partai lain.

“Kita selalu ingat pesan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, salah satu resep untuk menang, adalah solid. Nah, sebagai bacaleg dari PDI Perjuangan modal dukungan sudah ada dan setengah langkah lagi kerja konkretnya,”

Adi Sutarwijono memastikan jelang pemilu 2024, di Surabaya aura kemenangan besar sudah terasa. Apalagi setelah Ganjar Pranowo ditetapkan sebagai Capres oleh PDI Perjuangan, Di dalam kesempatan bertemu bersama warga Surabaya, di daerah yang sebelum nya tak ada wakil rakyat dari PDI Perjuangan kini ada keinginan kuat dan besar, untuk menangkan PDI Perjuangan.

“Guna bisa memberikan pelayanan kepada rakyat keberadaan dan keterpilihan wakil rakyat di satu dapil penting. Harus punya alat, sosok yang melayani rakyat. Sugeng rawuh, kepada semua bacakeg PDI Perjuangan Yogyakarta di Kota Surabaya. Selamat menikmati Surabaya sebaik-baiknya, belajar dan mengambil keteladanan dari semangat perjuangan Bung Karno di Surabaya,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta menyatakan meneladani semangat juang Bung Karno, tiap kader dan bacaleg PDI Perjuangan harus punya semangat kuat untuk berjuang merebut rasa percaya rakyat.

“Inspirasi lahirnya Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, untuk mantabkan ideologi Pancasila di hati semua warga salah satunya dari hasil kunjungan di Surabaya, dapurnya Nasionalisme Indonesia ini. Kita sekarang bersama telusuri dan napak tilas perjuangan kebangsaan tokoh bangsa, semangat Bung Karno agar bisa mendapatkan kepercayaan rakyat,” kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU