test
Selasa, Juni 18, 2024
BerandaJogjakartaMahasiswa KKN UAD Meriahkan Food Festival Kotabaru

Mahasiswa KKN UAD Meriahkan Food Festival Kotabaru

JOGJAEKSPRES.COM – Food Festival Kotabaru merupakan sebuah festival kuliner yang cukup unik dan berbeda. Karena tak hanya bisa menikmati berbagai macam makanan tradisional, tetapi juga dapat menikmati film sambil menaiki becak atau “Drive in Cinema” yang disediakan 100 becak tua.

Tujuan dari event ini adalah untuk memperkenalkan produk olahan khas rintisan Kelurahan Budaya. Dengan harapan, makanan tradisional semakin dikenal dan dilestarikan.

Kegiatan yang diselenggarakan di Stadion Kridosono, Yogyakarta, pada 8-9 Juli 2023 lalu, merupakan bagian dari Kotabaru Heritage Festival yang diadakan pada tanggal 6-9 Juli 2023.

Kali ini terdapat makanan dan minuman khas dari 31 Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) di Kota Yogyakarta. Salah satunya adalah RKB Notoprajan, di mana tempat Mahasiswa KKN UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Unit IV C.4 berada.

Para mahasiswa dan warga Kelurahan Notoprajan, Kemantren Ngampilan, Kota Yogyakarta, dengan semangat mengikuti kegiatan tersebut guna memperkenalkan makanan dan minuman produk olahan khas Notoprajan.

Adapun menu yang dijual oleh RKB Notoprajan Yogyakarta ini bermacam-macam. Ada soto Tamansari, apem beras, aneka macam gorengan, tempe dan tahu bacem, susu kedelai, wedang jahe serta ada geblek.

Soto Tamansari adalah bintang utama di RKB Notoprajan. Banyak sekali pelanggan yang membelinya. “Soto yang segar dan gurih, dagingnya banyak, porsinya mantap. Pokoknya nikmat sekali dengan suasana Jogja dan rasanya sangat klop,” ujar Sekar salah satu pelanggan.

Selain soto Tamansari, tak kalah digemari pelanggan juga adalah geblek, yakni camilan yang terbuat dari bahan dasar singkong. Apem dan susu kedelai juga menjadi perhatian masyarakat.

Ibu Maya bertanya, “Ini dari kelurahan mana ya?”

Lalu, salah satu mahasiswa KKN UAD menjawab, “Ini dari Kelurahan Notoprajan, Bu.”

“Wah, saya bakalan ke wilayah Kelurahan Notoprajan terus ini, nyari apem dan susu kedelai,” ujar ibu Maya.

Mahasiswa KKN UAD Unit IV C.4 juga turut aktif ikut penjagaan stand Festival Kuliner, khususnya dari RKB Notoprajan.

Mahasiswa KKN Alternatif Periode 87 UAD Unit IV C.4 sangat senang karena RKB Notoprajan semakin dikenal, khususnya makanan dan minuman khasnya.

“Semoga dengan mengikuti kegiatan ini dapat bermanfaat dan memotivasi masyarakat Kelurahan Notoprajan untuk terus semangat melestarikan budaya-budaya khas Kota Yogyakarta,” kata salah seorang mahasiswa KKN UAD. (fan)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU