Senin, April 15, 2024
BerandaKulonprogoKulonprogo Targetkan Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Mencapai 95 Persen

Kulonprogo Targetkan Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Mencapai 95 Persen

JOGJAEKSPRES.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan cakupan imunisasi dasar lengkap di wilayah kerjanya mencapai 95 persen pada akhir 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan bahwa cakupan imunisasi dasar lengkap sudah mencapai 69 persen pada akhir September 2022.

“Kami optimistis sampai akhir tahun tercapai target 95 persen imunisasi dasar lengkap,” katanya di Kulonprogo, Senin (10/10/2022).

Imunisasi dasar lengkap pada bayi usia 0 sampai 11 bulan meliputi imunisasi HB0 satu dosis, BCG satu dosis,
DPT-HB-Hib tiga dosis, polio tetes (OPV) empat dosis, polio suntik (IPV) satu dosis, serta campak-rubella satu dosis.

Sri mengemukakan bahwa sampai saat ini tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan imunisasi dasar lengkap. Masyarakat umumnya telah menyadari pentingnya imunisasi bagi kesehatan anak.

“Selama masa pandemi COVID-19 dari 2020 sampai awal 2022, pelaksanaan imunisasi dasar lengkap tidak mengalami persoalan. Semua berjalan dengan baik dan sesuai target,” katanya.

Ia menambahkan, selama ini cakupan imunisasi Kulonprogo bisa mencapai 98 sampai 99 persen dari sasaran.

Selain berupaya mencapai target cakupan imunisasi dasar lengkap, Dinas Kesehatan menggerakkan kader-kader posyandu di tingkat dusun untuk memantau tumbuh kembang balita di wilayah masing-masing.

“Kader posyandu memberikan makanan lengkap dan melakukan pemantauan tumbuh dan kembang balita dengan baik,” kata Sri.

Seorang warga Desa Salamrejo mengatakan bahwa pemberian makanan tambahan setiap bulan rutin dilakukan dalam kegiatan posyandu di daerahnya.

“Pemberian makanan tambahan bagi balita rutin setiap bulan. Kadang diberikan vitamin tambahan juga. Kalau imunisasi, bidan juga proaktif bertanya ke kader supaya balita mendapatkan imunisasi dasar lengkap,” kata Yati, ibu dari balita bernama Rifki di Salamrejo. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU