Senin, April 15, 2024
BerandaJogjakartaKampung Wisata Purbayan Kotagede Masuk 75 Besar Desa Wisata Terbaik

Kampung Wisata Purbayan Kotagede Masuk 75 Besar Desa Wisata Terbaik

JOGJAEKSPRES.COM – Kampung Wisata (Kamwis) Purbayan Kotagede, Yogyakarta masuk sebagai 75 besar desa wisata terbaik 2023 dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Masuknya Kamwis Purbayan dalam 75 besar desa wisata terbaik tersebut langsung disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam akun resmi instagram Kemenparekraf, Selasa 21 Maret 2023.

“Dari 7.275 desa wisata yang tercatat di seluruh Indonesia, telah terjaring 4.573 desa wisata pada ADWI 2023,” ujar Sandiaga Uno.

Penentuan desa wisata terbaik pada ajang ADWI 2023 ini, diakui Sandiaga sudah melalui berbagai tahapan kurasi, berdasarkan penilaian dewan juri pada lima kategori penilaian, klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta.

Dalam prosesnya, masih kata Sandiaga terdapat sejumlag babak dan proses kurasi untuk perlombaan ini. Mulai dari 500 besar, 300 besar, kemudian dikerucutkan menjadi 75 besar desa wisata terbaik. Selanjutnya para dewan juri akan mengunjungi dan meninjau ke 75 desa wisata terbaik itu.

“Penilaian sudah melalui proses kurasi, mulai dari 500 besar, 300 besar, hingga 75 besar desa wisata terbaik dari seluruh Indonesia,” kata Sandiaga Uno.

Terpisah, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Purbayan, Kotagede, Yogyakarta, Nurcahyo Nugroho, menyampaikan rasa syukurnya atas terpilihnya Kamwis Purbayan sebagai 75 besar desa wisata terbaik.

“Alhamdulillah, kota Yogyakarta dalam hal ini kamwis Purbayan terpilih 75 besar desa wisata terbaik. Sebelumnya pada tahun 2022 dalam ajang yang sama, kamwis Purbayan baru bisa di 100 besar saja, sehingga capaian ini menjadi sangat dinantikan,” ungkap Nurcahyo, Senin 27 Maret 2023.

Tidak lupa Nurcahyo menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya selama ini, yang telah bekerja keraa menyiapkan ADWI 2023 ini.

“Berawal dari rembug bersama antara Lurah Purbayan, LPMK, Pokdarwis, Kamwis, RKB, Forkom UMKM, Ketua Kampung, Ketua RW, muda mudi, serta semua pihak lainnya dalam mengumpulkan potensi yang ada di Kelurahan Purbayan,” kata Nurcahyo.

Capaian 75 besar desa wisata terbaik ini dirasa Nurcahyo merupakan suatu kebanggaan buat masyarakat di Kelurahan Purbayan pada khususnya, dan masyarakat Kota Yogyakarta pada umumnya.

Nurcahyo menjelaskan, Kampung Wisata Purbayan mempunyai branding sebagai kampung pusaka dan penjaga tradisi. Sebagai kampung pusaka, Purbayan maaih menyimpan banyak situs peninggalan kerajaan Mataram Islam. Sebagai kampung tradisi, Purbayan masih memiliki banyak pengrajin perak yang masih berproduksi dan aktif menjaga tradisi Kotagede yang dikenal sebagai kota perak, selain itu Purbayan juga kaya akan potensi seni dan budaya serta kuliner.

Diketahui, ADWI 2023 merupakan ajang bergengsi pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi, sesuai dengan kriteria penilaian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang nantinya seluruh desa wisata yang masuk dalam 75 besar, akan didatangi oleh Menteri Parekraf, Sandiaga Uno dan tim juri untuk diadakan penilaian sesuai kategorinya. Dimana untuk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, bahwa ADWI 2022 penilaiannya hanya berdasarkan lima kategori saja, yang meliputi, Daya tarik pengunjung (keunikan, dan keaslian: alam dan buatan seni dan budaya); Suvenir (kuliner, fesyen, dan kriya); Homestay dan toilet; Digital dan kreatif; Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE. (bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU