Selasa, April 16, 2024
BerandaHukum KriminalJPW Apresiasi Kepolisian yang Berhasil Mengungkap Kasus Perdagangan Orang di DIY

JPW Apresiasi Kepolisian yang Berhasil Mengungkap Kasus Perdagangan Orang di DIY

JOGJAEKSPRES.COM – Maraknya kasus perdagangan orang di DIY yang berhasil diungkap aparat kepolisian diapresiasi Jogja Police Watch (JPW). Kasus perdagangan orang terbaru berhasil diringkus Polres Bantul di Parangtritis dimana anak dibawah umur dipekerjakan sebagai pemandu lagu.

Catatan JPW menyebut sebelumnya juga Polresta meringkus kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang memperkerjakan anak dibawah umur untuk jadi pekerja seks.

“JPW mengapresiasi pihak kepolisian yang menangkap terduga pelaku tindakan TPPO yang kini marak terjadi termasuk di DIY,” Kadiv Humas JPW Baharuddin Kamba, Selasa, 25 Juni 2023 dalam keterangan tertulisnya.

Penangkapan pelaku-pelaku TPPO yang memperdaya anak-anak, lanjutnya, harus dicegah agar tidak semakin meluas.

“Selain penangkapan juga penting untuk melakukan tindakan pencegahan agar korban perdagangan orang lebih cepat diselamatkan, terutama anak-anak,” katanya.

Kamba menjelaskan anak-anak rentan dalam kasus perdagangan orang karena mudah termakan bujuk rayu pelaku untuk mendapat pekerjaan dengan gaji besar.

“Untuk mencegah perdagangan orang meluas, aparat penegak hukum perlu cermat menelusuri jaringannya agar langkah pencegahan dapat dilakukan,” ujarnya.

Jaringan perdagangan orang di DIY, menurut Kamba, tidak mudah ditebak sehingga perlu lebih cermat untuk menelusurinya.

“Pola umumnya selama ini korban diperdagangkan untuk prostitusi, maka perlu dicermati lagi masalah prostitusi di Jogja ini agar pencegahan dapat segera dilakukan,” ucapnya. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU