Senin, April 15, 2024
BerandaJogjakartaJelang Hari Raya Kurban, DPRD DIY Dorong Masyarakat Beli Ternak Lokal

Jelang Hari Raya Kurban, DPRD DIY Dorong Masyarakat Beli Ternak Lokal

JOGJAEKSPRES.COM – Sepekan terakhir ini, permintaan hewan ternak, khususnya sapi, domba dan kambing mulai meningkat tajam, seiring semakin dekatnya Hari Raya Idul Kurban. Diperkirakan permintaan hewan kurban di DIY akan meningkat dibandingkan tahun lalu.

Hari Raya Idul Kurban merupakan momentum untuk peternak lokal mendapat pasar atas produk peternakannya. Namun demikian, ada permasalahan serius yang dihadapi peternak lokal, yaitu penyakit ternak berupa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), serta yang terbaru penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau popular disebut penyakit lato-lato. Penyakit LSD ini telah menyerang sapi-sapi milik warga di DIY.

“Kondisi ini perlu campur tangan Pemda, kesehatan ternak harus terus dipantau. Pastikan ternak yang dijual dalam kondisi sehat dan layak konsumsi. Di sisi lain, peternak perlu dibantu mempercepat penyembuhan penyakit kulit pada sapi, agar peternak dapat untung dari momentum Idul Kurban,” ujar Andriana Wulandari, Ketua Komisi B DPRD DIY, Kamis 15 Juni 2023.

Pada sektor perdagangan ternak, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, jelang Hari Raya Kurban, para pedagang banyak mendatangkan ternak dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan hewan untuk kurban. Situasi ini menjadikan persaingan harga ternak tidak terhindarkan.

Peternak lokal di DIY berharap mendapat keuntungan dari usaha penggemukan ternak yang selama ini sudah ditekuni, selain itu adanya ternak dari luar daerah menjadikan persaingan harga tidak dapat dihindari, serta ada juga peternak yang tidak dapat keuntungan karena ternaknya terpapar LSD, sehingga tidak dapat dijual.

“Kami berharap, panitia Idul Kurban mengutamakan hasil ternak dari warga lokal. Kita wujudkan semangat bela-beli ternak. Terlebih para peternak lokal sebagian ada yang menanggung kerugian karena penyakit lato-lato. Dengan semangat keberpihakan ini para peternak skala kecil ini akan tetap dapat berkah Idul Kurban tahun ini,” ungkap Ndari, panggilan akrab Andriana Wulandari dari Fraksi PDI Perjuangan ini. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU