Rabu, Mei 29, 2024
BerandaJogjakartaEndemi, Pemkot Yogyakarta Tetap Lanjutkan Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua

Endemi, Pemkot Yogyakarta Tetap Lanjutkan Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua

JOGJAEKSPRES.COM – Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 khususnya booster kedua di wilayahnya meskipun status pandemi Covid-19 sudah dicabut pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, saat ini cakupan vaksinasi booster pertama di wilayah setempat sudah di angka 125%. Namun untuk booster kedua baru mencapai 31% saja.

Menurutnya sejak status pandemi Covid-19 dicabut dan beralih menjadi endemi, minat masyarakat untuk melengkapi vaksin booster kedua semakin menurun. Apalagi vaksin sebagai syarat perjalanan domestik juga sudah dihapus.

“Mungkin ini yang membuat masyarakat merasa aman-aman saja, tetapi kami tetap anjurkan untuk melengkapi dosis vaksinasi, layanan vaksin di Puskesmas juga selalu tersedia,” katanya, Kamis (29/6/2023).

Emma menyatakan bahwa melengkapi vaksin hingga dosis keempat penting dilakukan untuk melindungi dan membentuk ketahanan tubuh terhadap virus Covid-19. Penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pun harus dijaga.

“Walaupun sekarang sudah endemi tetap harus PHBS meski tidak diharuskan menggunakan masker, kalau merasa tidak sehat atau sedang flu ya harusnya pakai masker untuk ikut melindungi orang lain dan mencegah penularannya,” jelasnya.

Baru-baru ini Pemkot Yogyakarta melaksanakan vaksinasi booster massal untuk 1.000 orang dengan jenis vaksin buatan dalam negeri Inavac yang terbuka untuk masyarakat umum KTP nasional dan ASN Pemkot Jogja.

“Kami melibatkan 30 tenaga kesehatan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Yogyakarta untuk mendukung vaksinasi massal tersebut,” katanya. (bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU