Selasa, Februari 27, 2024
BerandaEkonomi BisnisDinas Koperasi dan UKM DIY bersama Formekers Targetkan UMKM Naik Kelas

Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama Formekers Targetkan UMKM Naik Kelas

JOGJAEKSPRES.COM – Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama Forum Mebel Kerajinan dan Seni (Formekers) Indonesia akan menyelenggarakan Kopimekers Expo 2022 pada tanggal 1 hingga 4 Desember di Galleria Mall Yogyakarta.

Dalam pameran tersebut nantinya akan diisi produk-produk unggulan dari para anggota Formekers melalui Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi dihadapan awak media menyatakan pihaknya sudah memiliki target dalam bersinergi untuk menaikkelaskan UMKM terutama di DIY.

“Terkait hal tersebut, tentu Dinas Koperasi dan UKM tidak bisa berjalan sendirian sehingga perlu dilakukan sinergitas kepada beberapa lembaga seperti Formekers ini,” kata Siwi, Senin (28/11/2022) ketika memberikan keterangan kepada awak media di Hotel Neo Malioboro Yogyakarta.

Siwi menganggap perlu melakukan sinergitas dalam mencapai tujuan target utama yakni dengan menggandeng Formekers seperti saat ini, lalu dengan pebisnis, dengan akademisi, dengan lembaga pembiayaan maupun dengan media.

Siwi melanjutkan, inilah saatnya para komunitas maupun pebisnis (dalam hal ini Formekers) untuk mencari sebuah strategi untuk menaikkelaskan UMKM.

“Maka, terdapat 6 aspek strategi yang salah satu paling utama adalah strategi pemasaran, seperti yang nantinya akan digelar di Galleria Mall,” katanya.

Dia juga menegaskan, untuk menaikkelaskan UMKM tidak cukup hanya soal pemasaran semata, tapi harus ada nilai edukasi serta pendidikan didalamnya.

“Tidak hanya sekedar soal promosi atau bagaimana memasarkan produk-produknya tetapi yang kita dorong harus ada edukasi dan pendidikan skill maupun kualitas SDM itu,” lanjut Siwi.

Ditambahkan Siwi, dalam event Kopimekers Expo 2022 tersebut juga terdapat pelatihan berupa coaching clinic dan juga beberapa hiburan menarik.

“Dalam coaching clinic itu bisa belajar cara membangun jejaring, lalu belajar tata kelola dalam mengelola usaha-usaha mereka nantinya ke depan,” katanya.

Sehingga, masih kata Siwi, ini menjadi bagian dari salah satu strategi dalam membangun sebuah kolaborasi untuk sama-sama menaikkelaskan UMKM DIY ke depan.

“Mereka (Formekers) ini yang tergabung dalam satu koperasi menjadi core dari pihak Dinas Koperasi dan UKM bahwa koperasi pun telah naik kelas juga, semakin jaya dan tentu menjadi agregator bagi para pelaku UMKM di DIY,” katanya.

Menanggapi Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ketua Koperasi Formekers Kriya Utama, Alex Kurniawan mengakui, hadirnya Kopimekers Expo 2022 dinilai sebagai bagian dari adaptasi kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM bersama Formekers Indonesia.

“Hal itu menjadi sebuah mandat yang didalamnya mengandung pesan tertentu,” kata Alex.

Pada event di Galleria Mall mendatang, pihaknya menjelaskan akan ada 4 nilai yang diusungnya yakni kerjasama, manajemen yang baik, persistensi dan inovasi bisnis serta kolaborasi berkelanjutan. Lebih lanjutnya, tak hanya sekedar transaksi bisnis saja namun diharapkan akan semakin mendorong dan membangun semangat dan kapasitas baik dari pelaku pameran itu sendiri maupun kepada publik secara luas.

“Terutama kepada para pelaku usaha mikro ini atau UMKM. Selain itu, memberikan pelaku UMKM sebuah inspirasi dan motivasi untuk terus berkembang dan menaikkan levelnya ke jenjang yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Ketua Bidang Kreatif Formekers, Itock Van Diera menandaskan, pameran ini bukan sekedar pameran biasa melainkan pameran yang harus mampu mencerminkan sekaligus menyebarluaskan nilai-nilai yang dimiliki para pelaku terkait dengan harapan memberikan inspirasi dan motivasi kepada publik tentang bagaimana membangun sebuah bisnis mebel, kerajinan dan seni yang berkelanjutan. (bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU