Senin, April 15, 2024
BerandaBantulWujudkan Bantul Bersih dari Sampah, Santri Bantul Gropyok Sampah di Sungai

Wujudkan Bantul Bersih dari Sampah, Santri Bantul Gropyok Sampah di Sungai

JOGJAEKSPRES.COM – Ratusan santri di Kabupaten Bantul menggelar acara Gropyok Sampah di tiga lokasi wilayah Bantul, Minggu (6/11/2022). Acara ini masih dalam rangkaian memperingati Hari Santri Nasional di Kabupaten Bantul.

Pembukaan acara Gropyok Sampah secara seremonial dilakukan oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di area parkir Pasar Niten, Sewon, Bantul. Kegiatan ini menggandeng BPBD Kabupaten Bantul, Tagana Bantul dan DLH Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam sambutannya mengatakan, saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul sedang gencar dalam penanganan sampah, dengan harapan sampai tahun 2025 Kabupaten Bantul sudah bersih dari sampah, yang tentunya juga atas kesadaran dari masyarakat Bantul sendiri, karena pada musim penghujan Bantul adalah kabupaten yang paling rawan bencana banjir.

“Sungai yang ada di Bantul saat ini masih diragukan apakah air sungai tersebut bisa menjadi air suci yang bisa mensucikan atau tidak, dikarenakan banyaknya sampah maupun limbah rumah tangga yang dibuang ke sungai,” ujar kata Bupati Bantul yang akrab disapa Kang Halim itu.

Sementara itu Komandan Banser Tanggap Bencana (BAGANA) Bantul Yasin, yang ikut berjibaku dalam kegiatan Gropyok Sampah tersebut mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan itu.

“Lebih dari 70 anggota Bagana turut serta dalam kegiatan yang dilakukan secara serentak di 3 tempat, yakni di Pasar Niten serta Kali Winongo, Pasar Jejeran Pleret Bantul dan Pasar Sungapan,” terang Yasin.

Lebih lanjut Yasin mengatakan, bahwa kegiatan ini diharapkan sebagai momentum untuk mewujudkan Kabupaten Bantul yang bersih dari sampah sampai tahun 2025 seperti yang disampaikan Bupati Bantul. Sampah harus dikelola di tempat sampah bukan sampah ada di mana-mana.

“Saya berharap kesadaran dan kerjasama semua pihak untuk menjaga dan mewujudkan Kabupaten Bantul segera bersih dari sampah,” katanya.

Dalam kegiatan Gropyok Sampah ini melibatkan santri dari Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, Pondok Pesantren Al-Islam Maksum Krapyak, Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem, Pondok Pesantren Al-Imdad Pandak, Pondok Pesantren Ar-Risalah, Pondok Pesantren Al-Furqon Sanden serta beberapa Pondok Pesantren lainnya di Bantul.

Hadir juga dalam kesempatan ini Kabag Kesra Kabupaten Bantul, Ketua LPBI NU Bantul H. Akhmad Furqon, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul serta Kepala Kemenag Kabupaten Bantul. (kps/rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU