Senin, April 15, 2024
BerandaKulonprogoStok Vaksin Covid-19 di Kulonprogo Mulai Langka, Ini yang Dilakukan Dinkes

Stok Vaksin Covid-19 di Kulonprogo Mulai Langka, Ini yang Dilakukan Dinkes

JOGJAEKSPRES.COM – Stok vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo mulai terbatas. Hanya beberapa Puskesmas saja yang masih memiliki pasokan vaksin, itu pun hanya tersisa satu atau dua vial saja.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kulonprogo, Rina Nuryati menuturkan kelangkaan stok vaksin Covid-19 yang terjadi di sejumlah wilayah di Indoensia juga terjadi di wilayah Kulonprogo.

“Sama enggak ada juga, karena barangnya enggak ada,” terangnya dikutip pada Jumat (21/10/2022).

Kelangkaan stok vaksin Covid-19 ini justru berbanding terbalik dengan permintaan vaksinasi di kalangan masyarakat. Dari pengamatan Rina, animo masyarakat untuk pelayanan vaksinasi saat ini cenderung masih tinggi. Sayangnya, tidak semua fasilitas kesehatan masih memiliki stok vaksin yang tersisa.

“Banyak yang nyari ini, karena banyak yang kosong. Jadi banyak yang nyari. Kemarin pas dibuka enggak ada, kemarin pas dibuka pada enggak datang. Sekarang pas habis, nyari,” tambahnya.

Meski belum terhenti total, Rina menjelaskan hanya beberapa fasilitas kesehatan yang masih memberikan layanan vaksinasi. Meskipun stok yang ada paling hanya satu atau dua vial saja.

“Tinggal menghabiskan beberapa Puskesmas yang masih punya satu dua vial gitu aja. Paling, enggak sampai untuk 50 gitu, enggak sampai. Satu vial hanya enam orang, kan tinggal pfizer,” tuturnya.

Diperkirakan Rina, stok vaksin di Kulonprogo akan habis pekan ini. “Ya paling itu, cuma menghabiskan itu. Itu pun tinggal satu dua Puskesmas, kayanya minggu ini habis,” terangnya.

Sampai saat ini Rina belum dapat memastikan kapan pasokan vaksin Covid-19 akan kembali dikirimkan. Hanya saja info terakhir yang diterima Rina, Dinkes DIY telah mengajukan permintaan penambahan stok vaksin yang rencananya merupakan pengalihan pasokan vaksin dari provinsi lain.

“Belum tahu, kemarin dinas provinsi mengatakan akan diberi dari pusat. Dialihkan dari provinsi lain itu, 600 satu provinsi. Tapi waktunya kapan belum jelas,” tandasnya.

Sekretaris Dinkes Kulonprogo, Baning Rahayujati sebelumnya menyampaikan hingga Sabtu (15/10/2022) total cakupan vaksinasi dosis dua di Kulonprogo mencapai 83,8 persen atau setara 316.987 sasaran. Sementara untuk dosis ketiga cakupan vaksinasi baru mencapai di angka 31,08 persen atau setara 117.528 sasaran. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU