Selasa, April 16, 2024
BerandaJogjakartaSambut Ramadan, Warga Suryatmajan Gelar Kirab Ruwahan Ageng

Sambut Ramadan, Warga Suryatmajan Gelar Kirab Ruwahan Ageng

JOGJAEKSPRES.COM – Masyarakat di Kelurahan Suryatmajan, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta menggelar kirab Ruwahan Ageng untuk menyambut bulan Ramadan 1445 H pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Ruwahan ini sebagai wujud syukur dan saling memaafkan sebelum memasuki bulan Ramadan.

Dalam kirab Ruwahan Ageng, masyarakat membawa sajian berupa makanan apem, ketan, kolak dan potensi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Suryatmajan.

Kirab diiringi pasukan anak-anak Bregada Cokrodirjo Alit. Meskipun hujan, masyarakat tetap antusias mengikuti kirab Ruwahan Ageng yang dimulai dari halaman DPRD DIY dan berakhir di halaman Yayasan Realino di Jalan Mataram.

Baca Juga : 454 Sertifikat Halal Diserahkan, Bupati Sleman Ajak UMKM Penuhi Standar Produksi

Usai kirab, perwakilan dari 6 kampung di Suryatmajan menyerahan sajian apem, ketan, kolak dan potensi masing-masing UMKM kepada Kelurahan Suryatmajan. Kuliner khas Ruwahan itu kemudian dibagikan ke masyarakat, salah satu gunungan berisi produk UMKM juga diperebutkan masyarakat.

“Ini adalah budaya yang perlu kita lestarikan bersama untuk menyambut bulan suci Ramadan,” ujar Penjabat  Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo yang hadir dalam kegiatan Ruwahan Ageng di wilayah Kelurahan Suryatmajan.

Ia mengapresiasi kegiatan kirab Ruwahan Ageng yang diadakan Kelurahan Suryatmajan sebagai pengingat akan memasuki bulan Ramadan.

Menurut Singgih, dalam budaya Jawa itu Ruwahan identik dengan apeman yang diadakan di bulan Ruwah. Apem dimanifestasikan sebagai ampunan yang dalam  Bahasa Arab adalah afuum yang berati ampunan.

“Manusia penuh dengan salah dan dosa, maka apem dimanifestasikan sebagai ampunan supaya kita masuk bulan Ramadan dengan hati yang suci,” tuturnya.

Singgih juga mengajak masyarakat untuk menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh suka cita. Termasuk menyiapkan diri, baik mental maupun spiritual dan fisik untuk menjalani puasa dan ibadah di bulan Ramadan.

Baca Juga : Forpi Kota Yogyakarta Pantau Harga Beras 5 Kg Tembus Rp69.500

Sementara itu, Lurah Suryatmajan Weda Satriya Negara mengatakan, Ruwahan Ageng diadakan masyarakat Suryatmajan setiap hari ke-14 di bulan Ruwah.

Kegiatan Ruwahan Ageng Suryatmajan tahun ini antara lain masyarakat membuat apem, ketan, kolak, kirab Ruwahan, pentas seni dan bazar UMKM.

“Ruwahan ini adalah wujud syukur dari masyarakat Kelurahan Suryatmajan. Terutama dari enam kampung memberikan hulu bekti kepada kelurahan. Membuat apem dalam menyongsong di bulan Ramadan untuk bisa saling memaafkan atau afuum,” ungkap Weda. (rls/mar)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU