Rabu, Mei 29, 2024
BerandaJogjakartaProf Edy Suandi Hamid: Sinergi Kampus dan Korporasi Tingkatkan Kewirausahaan

Prof Edy Suandi Hamid: Sinergi Kampus dan Korporasi Tingkatkan Kewirausahaan

JOGJAEKSPRES.COM – Kalangan Perguruan Tinggi (PT) telah mendapatkan manfaat dari Bank BPD DIY. Sebanyak 102 PT yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat memanfaatkan layanan Bank BPD DIY.

Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Widya Mataram (UWM), Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec. dalam acara Penandatanganan Program Kerja Sama (PKS) dan Penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) Program Wirausaha Belia Bank BPD DIY pada Kamis (28/12/2023) di Kantor Pusat Bank BPD DIY, Bumijo, Jetis, DIY.

Hadir dalam acara ini delegasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah V.

Lebih lanjut, Prof Edy mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya disampaikan kepada Bank BPD DIY yang mendukung kampus dalam menciptakan entrepreneur.

“Perkembangan Bank BPD DIY sangat progresif. Sinergi kampus dan korporasi sangat diperlukan dalam mencetak wirausaha,” ujar mantan Ketua Forum Rektor Indonesia ini.

“Di Indonesia menghadapi tingkat pengangguran yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena mentalitas menjadi pekerja, menjadi pencari kerja. Kampus bertanggung jawab mencetak entrepreneur,” tegas mantan Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) ini.

Direktur Utama (Dirut) Bank BPD DIY, Santoso Rahmad, dalam sambutannya mengatakan, BPD DIY Bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi DIY memiliki tanggung jawab menumbuhkembangkan ekonomi dan mengatasi kemiskinan di DIY.

“Selama ini telah dilaksanakan Program Wirausaha Belia di tingkat SMK, dilaksanakan bersama2 Dinas Pendidikan DIY, tahun 2023 ini telah berjalan memasuki tahun ketiga. Program ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem kewirausahaan di DIY untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A. dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya acara ini.

“Dinas Koperasi dan UKM yang membawahi 1.900-an koperasi, dengan target Koperasi Modern. bertugas meningkatkan kompetensi UKM serta menumbuhkan wirausaha baru. Hal ini memerlukan komitmen bersama,” terangnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan PKS Program Wirausaha Belia dan sekaligus simbolis penyerahan CSR, Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Dalam kesempatan ini, I Kadek Suartana dari Prodi Kewirausahaan UWM menerima Kredit Usaha Rakyat dengan usaha produksi kaos Mavesia.co.

Acara ini dihadiri oleh delegasi dari Universitas Widya Mataram (UWM) yaitu Ketua Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Fakultas Ekonomi (FE) Bahri, S.E., M.M. dan mahasiswa Prodi Kewirausahaan.

Hadir pula delegasi dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Janabadra, Universitas Mercu Buana, Universitas Mahakarya Asia, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, STIE YKP Yogyakarta, dan Polbangtan Yoma. (put)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU