Rabu, Februari 28, 2024
BerandaJogjakartaPemkot Yogyakarta Akan Menggelar Jogja Agro Expo di Sub Raiser Ikan Hias

Pemkot Yogyakarta Akan Menggelar Jogja Agro Expo di Sub Raiser Ikan Hias

JOGJAEKSPRES.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta untuk pertama kalinya akan menggelar Jogja Agro Expo J-Tugu Tahun 2023 di Sub Raiser Ikan Hias, Jalan Bantul pada tanggal 21-23 Juli 2023.

“Acara ini digelar untuk pemulihan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Akan ada 32 stand yang bisa dikunjungi,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Suyana, saat jumpa media di Balaikota, Selasa 18 Juli 2023.

Suyana menyampaikan, digelarnya acara di tempat tersebut adalah untuk memperkenalkan gedung baru Sub Raiser Ikan Hias yang ada di seberang Pasar Pasthy Yogyakarta. Selain itu juga bertujuan untuk memajukan potensi ikan hias di Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Endemi, Pemkot Yogyakarta Tetap Lanjutkan Vaksinasi Covid-19 Booster Kedua

“Di sana dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk membuat ikan hias berkualitas ekspor. Air di sana sudah di-treatment, sehingga airnya netral dan sangat baik untuk hidup ikan,” jelas Suyana.

Ditambahkan Suyana, acaranya nanti memang menonjolkan sektor perikanan, yang merupakan bagian dari pertanian. Ada dua jenis ikan yang akan ditonjolkan, yaitu ikan hias dan ikan konsumsi.

“Melalui acara ini, kami juga akan sampaikan adanya ikan invasif, ikan yang bisa menjadikan ekosistem menjadi rusak, karena mematikan ikan lain. Paling gampang adalah ikan nilem, wader, tawes, yang tidak boleh dilepaskan di ekosistem kita,” terangnya.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Tertibkan Parkir Liar di Kawasan Jalan Pasar Kembang

Suyana mengatakan, di sana nanti akan ditampilkan banyak olahan ikan. “Nanti juga ada praktik mengolah ikan menjadi lauk yang lezat, yang akan diajarkan untuk pengunjung,” katanya.

“Ada juga kampanye makan ikan. Ini penting karena pola konsumsi ikan di DIY itu terendah se Indonesia,” tukas Suyana. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU