Saturday, September 30, 2023
HomeJogjakartaKKN UAD Bersama Duta Genre DIY Sosialisasi Pernikahan Dini

KKN UAD Bersama Duta Genre DIY Sosialisasi Pernikahan Dini

JOGJAEKSPRES.COM – Sosialisasi pernikahan dini merupakan salah satu program kerja tematik bersama KKN Alternatif UAD Unit III A.1 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fatma Nuraisyah, S.KM., M.PH.

Program kerja ini dibuat dengan sasaran peserta kaum remaja yang ada di Kampung RW 02 Ledok Macanan, Kelurahan Suryatmajan, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta.

Sosialisasi yang telah dilaksanakan pada 18 Juni 2023 lalu di Balai RW 02 Ledok Macanan menghadirkan narasumber Alya Adinti, mahasiswi Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Angkatan 2020 sekaligus menjadi Duta Genre Putri Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2023.

Sosialisasi pernikahan dini ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap remaja di RW 02 Ledok Macanan agar lebih memahami mengenai pernikahan dini, faktor, dampak serta mendalami kasus nyata yang terjadi di masyarakat.

“Hal ini dikarenakan masih minimnya kesadaran remaja untuk memahami apa saja yang harus dipersiapkan dalam sebuah pernikahan,” terang Krisna Aji Wijaya, Ketua Panitia KKN Alternatif UAD Unit III A.1, Sabtu (22/7/2023).

Dalam kegiatan ini juga hadir orang tua atau wali dari remaja untuk membersamai mereka serta memberikan pengetahuan baru terhadap orang tua.

Menurut salah satu orang tua atau wali remaja, Ny Yanti, kegiatan seperti ini memang harus dilaksanakan. “Khususnya bagi remaja supaya mereka lebih dapat mempersiapkan kehidupan remaja untuk memiliki pengetahuan yang matang akan pernikahan,” kata Yanti yang juga Ketua RT 01 Ledok Macanan.

Salah satu remaja bernama Fatir menyampaikan kesan pesannya setelah mengikuti kegiatan tersebut. Dalam kegiatan ini Fatir mendapatkan pengetahuan baru tentang remaja yang sehat dan berencana menuju pernikahan.

Melalui sosialisasi ini disampaikan beberapa materi seperti perencanaan kehidupan remaja, menjadi remaja yang bijak, kehidupan remaja sebelum memasuki usia pernikahan dan masih banyak topik lain.

Sehingga, dalam hal sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada remaja agar lebih dapat mempersiapkan kehidupan prapernikahan secara matang dan mengambil keputusan pernikahan dengan bijak.

Dijelaskan Krisna, program KKN Alternatif UAD Unit III A.1 selain sosialisasi, pendampingan dan penyuluhan pernikahan dini, ada pelatihan tata kelola pengolahan sampah, pelatihan dan pendampingan pemilahan sampah, pelatihan dan pendampingan pengelolaan sampah organik.

Ada pula penyuluhan dan cek kesehatan bagi lansia, gerakan literasi, kegiatan olahraga, pembuatan video profil Suryatmajan, penyelenggaraan perilaku hidup bersih dan sehat, perbaikan lingkungan, penanaman tanaman Taman Serambi Surga, lomba cerdas cermat anak dilanjutkan kunjungan ke Museum Muhammadiyah. (fan)

Berita terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU