test
Selasa, Juni 18, 2024
BerandaJogjakartaHari Ini KPU Kota Yogyakarta Resmi Lantik 70 anggota PPK se-Kota Yogyakarta

Hari Ini KPU Kota Yogyakarta Resmi Lantik 70 anggota PPK se-Kota Yogyakarta

JOGJAEKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta melantik 70 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 14 kecamatan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Hari ini, secara resmi seluruh anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) kami lantik. Dan karena tidak ada aturan tentang pembatasan periodisasi jabatan, maka ada beberapa anggota yang pernah bertugas pada pemilu sebelumnya. Sekitar 30 persen,” kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo, Rabu (4/1/2023) di Hotel Santika Yogyakarta.

Menurutnya, seluruh anggota PPK yang dilantik hari ini, langsung menjalani bimbingan teknis untuk mendukung kinerja yang akan mereka jalani selama dua tahun mendatang, termasuk membentuk sekretariat, struktur organisasi, ketua, dan divisi di masing-masing PPK.

Selama bertugas, masih kata Hidayat, anggota PPK dituntut untuk bisa bekerja dengan mengedepankan integritas, menjaga sikap jujur, adil, dan independen dalam seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu 2024.

Hidayat mengingatkan bahwa PPK adalah pelaksana teknis untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan lancar.

“PPK adalah pelaksana teknis dan bukan pengambil kebijakan sehingga seluruh langkah harus sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

Dalam acara pelantikan PPK tersebut, seluruh anggota mengenakan pakaian adat khas Yogyakarta.

Diungkapkan Hidayat, penggunaan pakaian adat diharapkan menjadi inspirasi bagi PPK dalam menjalankan seluruh tugasnya dengan tetap berpegang pada regulasi yang berlaku tetapi tidak melupakan tata krama dan nilai budaya.

“Ada ‘unggah ungguh’ dan tata krama yang perlu dijaga meskipun tugas utama PPK akan berkaitan dengan politik,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sumadi yang hadir saat pelantikan berharap seluruh anggota PPK dapat menjalankan tugas dengan baik, berdedikasi, penuh tanggung jawab, dan berintegritas.

“Seluruh anggota PPK yang dilantik hari ini tentu sudah melalui proses seleksi sehingga mereka dinilai tepat untuk bisa menjalankan tugas dengan baik menyukseskan Pemilu 2024,” katanya.

Sumadi menambahkan Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan dukungan dari segi anggaran.

“Sudah menjadi komitmen kami pada tahun anggaran 2023 dan 2024. Sudah disiapkan,” katanya.

Total dukungan anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk penyelenggaraan Pemilu mencapai sekitar Rp36 miliar, baik untuk KPU Kota Yogyakarta dan Bawaslu Kota Yogyakarta. (*)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU