Selasa, April 16, 2024
BerandaJogjakartaForpi Temukan Gangguan Server Hari Pertama PPDB Jenjang RTO SD di Kota...

Forpi Temukan Gangguan Server Hari Pertama PPDB Jenjang RTO SD di Kota Yogyakarta

JOGJAEKSPRES.COM – Hari pertama pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem real time online jenjang SD di Kota Yogyakarta terkendala gangguan server down sehingga wali murid sulit melakukan pendaftaran, Senin (12/06/2023).

Disampaikan Anggota Forpi Kota Yogyakarta Baharuddin Kamba, dari hasil pemantauan Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta di sejumlah sekolah dasar negeri yang menggunakan real time online (RTO) orangtua/wali murid mengalami kesulitan tidak bisa mendaftar dan memasukkan datanya ke dalam sistem.

“Meskipun dibantu oleh panitia dari pihak sekolah tetap saja data tidak bisa dimasukin ke sistem,” ujar Kamba dalam keterangan tertulisnya.

Karena, lanjut Kamba, bisa saja hari pertama pendaftaran PPDB banyak penggunanya. Sehingga mengalami down server.

“Seperti di SD Negeri Jetisharjo dan SD Negeri Lempuyangwangi Kota Yogyakarta, sejumlah orangtua mengeluhkan kendala yang sama ketika masuk aplikasi PPDB Kota Yogyakarta. Padahal para orangtua datang ke sekolah mulai pukul 08.00 WIB,” katanya.

Sebagai informasi sebanyak 33 SD Negeri di Kota Yogyakarta melakukan PPDB dengan sistem real time online. Pendaftaran dari tanggal 12 Juni hingga 14 Juni 2023. Calon siswa memilih maksimal dua sekolah yang dituju.

“Forpi Kota Yogyakarta berharap apabila server masih mengalami gangguan atau down hingga hari terakhir pendaftaran PPDB ditingkat SD, maka dari Disdikpora Kota Yogyakarta mengambil kebijakan dengan menambah jam pendaftaran. Misalnya saat ini dari jam 08.00 – 14.00 WIB, dapat ditambah menjadi pukul 08.00 – 16.00 WIB pada hari berikutnya,” tandas Kamba.

Dari informasi yang Forpi Kota Yogyakarta peroleh, akses untuk masuk baru bisa sekitar pukul 11.00 WIB.

“Forpi Kota Yogyakarta menghimbau kepada orang tua calon peserta didik baru kalau ada kendala bisa datang langsung ke sekolah atau kantor Disdikpora Kota Yogyakarta. Forpi Kota Yogyakarta juga membuka posko aduan PPDB mulai hari ini,” pungkasnya.

Didik, orangtua calon peserta didik baru mengaku pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB datang ke sekolah tapi server sudah down dan tidak bisa diakses lagi. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU