Senin, April 15, 2024
BerandaJogjakartaForpi Pantau Pelayanan di Balaikota Yogyakarta Usai Libur Lebaran

Forpi Pantau Pelayanan di Balaikota Yogyakarta Usai Libur Lebaran

JOGJAEKSPRES.COM – Cuti bersama libur lebaran 1444 hijriah berlangsung dari 19 April 2023 hingga 25 April 2023 telah berlalu. Hari ini, Rabu, 26 April 2023 merupakan hari pertama masuk kerja.

Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta melakukan pemantauan terkait pelayanan publik di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Balaikota Kota Yogyakarta, Rabu, 26 April 2023.

Tim Pemantau Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba didampingi Umi Hidayati, dan Wiwid H Saputra menyampaikan, pemantauan ini dilakukan guna memastikan tidak ada ASN yang bolos dan pelayanan tetap berjalan seperti biasa pada hari pertama pasca libur lebaran.

“Pemantauan pertama di kantor Disdukcapil Kota Yogyakarta ruangan yang biasanya digunakan untuk pelayanan sedang direnovasi. Sehingga seluruh pelayanan dialihkan ke Mall Pelayanan Publik (MPP),” ujar Kamba.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Septi Sri Rejeki ada dua staf yang tidak hadir dikarenakan satu staf cuti sedang berada di Lampung dan satunya sedang mengikuti Diklatpim di Gunung Sempu, Bantul, DIY.

Meski ruangan lantai bawah sedang tahap renovasi namun tidak menyurutkan semangat kerja bagi staf di Kantor Disdukcapil Kota Yogyakarta. Hal ini terbukti seluruh ruangan yang berada dilantai dua dipenuhi para staf yang sedang bekerja.

“Sementara itu pelayanan di Kantor Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta nampak lengang. Seorang warga bernama Ngatini sedang mengurus surat kehilangan kartu ATM yang digunakan untuk mengakes bantuan sosial,” kata Kamba.

Pelayanan di Mall Pelayanan Publik cukup ramai pengunjung yang ingin mendapatkan pelayanan adminduk. Menurut petugas bagian perekaman pembuatan KTP pada hari pertama masuk kerja ini sudah cukup banyak yakni sekitar 20 – 30 yang melakukan perekaman KTP.

“Forpi Kota Yogyakarta mengapresiasi tingkat kehadiran para ASN di komplek Balaikota Yogyakarta pada hari ini pertama masuk kerja pasca libur lebaran. Harapannya kedepan lebih ditingkatkan pelayanannya termasuk pelayanan via online,” kata Kamba.

Terakhir, yang menjadi evaluasi ke depannya adalah sosialiasi secara masif terkait jam pelayanan khususnya pada bulan puasa agar tidak ada masyarakat yang kecele karena pelayanan sudah tutup. (rls)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU