test
Senin, Juni 24, 2024
BerandaJogjakartaDPRD DIY Menyambut Baik Rencana Konversi Becak Listrik di Malioboro

DPRD DIY Menyambut Baik Rencana Konversi Becak Listrik di Malioboro

JOGJAEKSPRES.COM – Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menyambut baik rencana launching becak listrik atau becak kayuh bertenaga Alternatif (berkreatif).

Launching ini merupakan awal konversi becak motor dan kayuh menjadi becak listrik.

“Setelah berjuang selama 4 tahun, alhamdulillah konversi becak motor menjadi becak listrik terwujud di Yogyakarta,” ujar Huda Tri Yudiana dalam keterangan pers, Rabu 20 Desember 2023.

Sebenarnya becak ini masih perlu dikayuh, tapi sangat ringan karena bertenaga listrik. Jika membuat listrik murni tanpa dikayuh akan berbeda dengan ketentuan perda, sebagai ciri tradisional.

Menurut rencana, Pemda DIY akan menggelar launching Becak Kayuh Bertenaga Alternatif (Berkreatif) atau becak listrik besok hari Sabtu 23 Desember 2023, pukul 09.00, di halaman parkir Ketandan Gondomanan Yogyakarta.

“Ini awal konversi becak motor menjadi becak listrik,” katanya.

Huda menambahkan pada bulan Februari 2024 akan disiapkan 50 unit untuk uji coba. Jika ini sukses mudah mudahan pada tahap 2 dan tahap 3 semua becak motor maupun kayuh bisa dikonversi menjadi becak listrik.

“Pengemudi becaknya sama tetapi becaknya yang kita ubah, dari becak motor menjadi becak listrik atau becak kayuh bertenaga listrik,” jelasnya.

Selain launching Becak Kayuh Bertenaga Alternatif atau becak listrik akan dilakukan pula pembagian akta pendirian koperasi becak berkreatif berupa becak bertenaga listrik.

“Guna mendukung dan mensukseskan keberlangsungan konversi becak motor menjadi becak listrik didirikan koperasi becak. Ini bagus menurut saya,” ungkapnya.

Lanjut Huda, selain itu kedepan akan diupayakan kerjasama dengan hotel – hotel untuk upgrade pengemudi becak dengan pembinaan bahasa dan sikap.

“Upaya ini dilakukan agar pengemudi becak naik kelas. Semoga kedepan bisa sukses dan becak menjadi icon baru wisata di Jogja. (arf)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU