Kamis, Oktober 24, 2024
BerandaJogjakartaJembatani Lulusan UAD dengan Dunia Kerja Melalui Job Fair #10 dan Campus...

Jembatani Lulusan UAD dengan Dunia Kerja Melalui Job Fair #10 dan Campus Hiring 2024

JOGJAEKSPRES.COM – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menggelar Job Fair #10 dan Campus Hiring 2024 diikuti mahasiswa dan alumni. Dibuka Wakil Rektor UAD Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Gatot Sugiharto, SH, MH, yang mengapresiasi kinerja tim job fair UAD.

“Karena mampu menunjukkan team work yang solid dan mandiri,” kata Gatot di depan Rahardian Aditya Maulana, Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Bantul.

Bagi Gatot, kegiatan ini diadakan untuk menjembatani lulusan UAD dengan dunia kerja serta untuk meniti karir di perusahaan nasional maupun level multinasional. Ia pun mengingatkan kembali mahasiswa untuk mengasah soft skill.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29-31 Juli 2024 di Hall Gedung Utama Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan, Jl Jenderal Ahmad Yani, Ring Road Selatan, Kragilan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, DIY.

Dalam Job Fair kali ini juga ada layanan konsultasi karir dan bisnis yang bertujuan untuk memfasilitasi alumni dan mahasiswa tingkat akhir UAD yang sedang menyusun perencanaan karir.

Pertanyaan-pertanyaan seputar permasalahan dan pilihan karir maupun bisnis didampingi pakar dan konselor yang kompeten di bidangnya.
Kali ini, Pusat Pengembangan Karir Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan fasilitas dan membekali mahasiswa serta alumni untuk mempersiapkan karir agar lebih matang.

“Diharapkan, dengan adanya kegiatan itu mahasiswa dan alumni dapat terserap secara maksimal dalam dunia industri maupun lapangan pekerjaan lainnya,” kata Gatot.

Dalam kegiatan itu, ada 38 perusahaan yang membuka peluang kerja, 3 diantaranya hadir secara online melalui Zoom Meeting dan live streaming YouTube.

Kepala Bidang Career Development Center (CDC) Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, Hendy Ristiono, S.Far, MPH, Apt, mengatakan, job fair ini terbuka untuk mahasiswa UAD dan umum.

“Perusahaan tak hanya membutuhkan ratusan karyawan, tapi mereka juga mencari lulusan terbaik yang memiliki hard skills atau keilmuan yang handal dan soft skills yang teruji,” kata Hendy Ristiono.

“Kampus, alumni dan perusahaan adalah tiga pilar utama yang dinamis dan saling bersinergi. Untuk itu mahasiswa UAD selalu dibekali kiat menembus dunia kerja yang selalu berubah dengan sangat cepat, di samping juga UAD terus menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan,” jelas Hendy.

Maka, kegiatan ini sebagai ajang promosi bagi perusahaan sekaligus melakukan rekrutmen. Dan, UAD memberikan fasilitas bagi perusahaan untuk bertemu langsung dengan pencari kerja.

Pada kesempatan itu ada Seminar Nasional Perencanaan Karir yang menampilkan Sutriman (Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang) serta Education Fair dengan narasumber Diyan Yunanto Setyaji, Zitta Arlivia Ninda Ratnasari, Nur Riva Akhsan, Agung Budi Prabowo.

Sedangkan National Job Training menampilkan M Nur Syuhada dan Andy Febrico Bintoro.

Setiap perusahaan mitra diberi kesempatan untuk mendemonstrasikan profil perusahaan di stand masing-masing agar bisa menjangkau sasaran yang lebih luas.

Dalam kegiatan Campus Hiring, mitra diberi fasilitas untuk melakukan perekrutan pegawai secara langsung mulai dari psikotes, wawancara hingga pengumuman penerimaan pegawai di hari yang sama.

Calon wisudawan, alumni dan masyarakat terlihat memanfaatkan momen tersebut dengan baik. Untuk mengetahui jenis pekerjaan yang cocok melalui konsultasi karir dan bisnis agar bisa memperoleh pekerjaan. (*/fan)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU