Senin, April 15, 2024
BerandaPolitikaSikapi Putusan MK Terkait Sistem Pemilu Terbuka, Ketua DPC PDIP Kota Jogja...

Sikapi Putusan MK Terkait Sistem Pemilu Terbuka, Ketua DPC PDIP Kota Jogja Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Bangsa

JOGJAEKSPRES.COM – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi pasal dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur tentang sistem pemilihan umum (pemilu) proporsional terbuka. Melalui putusan perkara Nomor 114/PUU-XX/2022 tersebut, maka pemilu di tahun 2024 tetap memakai sistem proporsional terbuka.

Putusan Mahkamah Konstitusi dibacakan oleh Hakim Ketua Anwar Usman dalam sidang pembacaan putusan yang digelar di Gedung MK, Jakarta, Kamis 15 Juni 2023.

“PDI Perjuangan tentu menghormati putusan Mahkamah Konstitusi. Kita siap jalankan proses demokrasi dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 sesuai aturan hukum yang berlaku,” ujar Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Eko Suwanto mengatakan, dalam proses demokrasi elektoral menuju Pemilu 2024, ada banyak dinamika politik kebangsaan yang terjadi.

Dinamika politik yang hadir, tentu akan lebih menghangat pada masa-masa mendekati hari H pelaksanaan pemilihan umum.

“Memasuki tahun politik kita semua wajib mewaspadai ancaman hoax, hate speech, politisasi sara dan lain lain. Ini butuh perhatian kita semua, pemerintah, penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu juga partai politik dan masyarakat pada umumnya. Kita berjuang menang sekaligus wujudkan pemilu bermartabat dan berbudaya,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Guna memastikan Pemilu serentak di 2024 bisa berjalan lancar, ada syarat wajib yang harus dipenuhi. Penyelenggara pemilu harus taat, tunduk dan memiliki integritas dalam menyelenggarakan pemilu.

“Hukum harus tegas bagi para pelanggar dalam pemilu. Ini penting untuk selalu dijalankan oleh penyelenggara dan pemerintah agar Pemilihan Umum 2024 lancar, bermartabat dan demokratis,” tandas Eko.

Khusus dalam persiapan langkah bersama menjalankan Pemilu serentak 2024, Eko menegaskan, bahwa apapun sistem pemilu yang dijalankan sebagai partai politik PDI Perjuangan yakin akan memenangkan Pemilu 2024, sekaligus mengantarkan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI.

“PDI Perjuangan yakin bisa meraih suara pemilih dan menang di Pemilu 2024. Seluruh pengurus, kader dan simpatisan kita ajak kerja keras, berjuang, turut hadir di tengah rakyat dan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi rakyat,” pungkas Eko. (rls/arf)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU