Rabu, Februari 21, 2024
BerandaJogjakartaSiGado SD Kanisius Gayam, Melatih Siswa Berwirausaha

SiGado SD Kanisius Gayam, Melatih Siswa Berwirausaha

JOGJAEKSPRES.COM – Melatih siswa siswi berwirausaha, serta memamerkan hasil karya mereka, SD Kanisius Gayam menggelar market day yang diusung dengan tema “Kewirausahaan” dibungkus dengan nama Siswa Gayam Dodolan atau SiGado, Sabtu (10/12/2022) lalu.

Diakui Kepala Sekolah SD Kanisius Gayam, Elisabeth Listriyani, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memamerkan hasil karya dan melatih anak-anak untuk berwirausaha.

“SiGado merupakan pengalaman pertama anak-anak dalam mengembangkan kreatifitasnya dibidang wirausaha. Mereka menghasilkan sebuah karya yang dapat dipublikasikan dan diperjualbelikan kepada orang lain,” ujar Elisabeth.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa siswi dari Kelas 1 hingga 6, guru, karyawan, dan orang tua murid, para siswa siswi SD Kanisius Gayam membuat sebuah hasil karya yang unik bagi masing-masing kelas.

“Barang-barang yang dihasilkan merupakan murni hasil karya mereka. Adapun karya yang mereka buat seperti celengan, assesoris manik-manik, telur asin, tempat pensil, kotak tissue, benda rohani (rosari dan salib), gantungan kunci dan teh bunga telang,” kata Elisabeth.

Diakuinya, acara tersebut mengundang berbagai khalayak umum seperti orang tua murid yang berdatangan untuk memeriahkan acara tersebut. “Beberapa orang tua mengapresiasi dengan membuka berbagai stand produk makanan dan minuman serta juga ada live musik dengan diringi alat musik saxophone dan piano,” tambahnya.

Setelah merasakan hasil jerih payah tersebut, sebagian siswa memanfaatkan hasil itu untuk ditabung dan membeli peralatan untuk kebutuhan sekolah.

“Itu merupakan sebuah kebanggaan dan prestasi tersendiri bahwa hasil karya mereka banyak diminati banyak orang,” pungkas Elisabeth. (rls/bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU