Rabu, Mei 29, 2024
BerandaJogjakartaPolitisi Muda PDIP Eko Suwanto Ajak Pelajar Sinau Sejarah dan Sinau Pancasila

Politisi Muda PDIP Eko Suwanto Ajak Pelajar Sinau Sejarah dan Sinau Pancasila

JOGJAEKSPRES.COM – Pelajar dan mahasiswa sebagai generasi masa depan Indonesia penting untuk memiliki pemahaman ideologi Pancasila dalam kehidupan kebangsaan.

Melalui proses pembelajaran dengan kurikulum merdeka diharapkan ke depan Indonesia memiliki profil pelajar mahasiwa yang memegang teguh bhinneka tunggal ika dan bersatu menjadi bangsa Indonesia.

“Terima kasih, dialog bersama siswa SMPN 16 Yogyakarta menarik. DIY sudah punya perda pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Pelajar Mahasiswa Indonesia perlu berbudi pekerti luhur, cerdas dan baik, juga terampil. Profil pelajar dan mahasiswa inilah yang bisa memberikan jawaban problema masa depan Indonesia,” ujar Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY, dari Fraksi PDI Perjuangan, Jumat (27/10/2023).

Kunjungan dan dialog bersama guru dan siswa SMPN 16 ke DPRD DIY adalah bentuk proses pembelajaran kurikulum merdeka. Melalui proses dialog bersama legislatif anak anak mendapatkan tempat belajar langsung bersama di gedung DPRD DIY.

“Ini pembelajaran yang menarik karena tidak hanya membaca buku demokrasi, tapi bisa berdialog. Tadi kita jelaskan tiga hal soal tugas dan fungsi DPRD DIY sebagai tempat belajar bersama tentang Pancasila, belajar bareng demokrasi dan melihat dekat tugas fungsi yang dikerjakan legislatif,” katanya.

Dia mengingatkan, pelajar dan mahasiswa Indonesia perlu selalu gelorakan cinta tanah air, punya sikap patriot dan memiliki kesadaran kebangsaan berbhinneka tunggal ika.

“Penting sekali, pembelajaran langsung ke anak anal bagaimana meski berbeda tapi tetap satu jua, bersatu jadi bangsa Indonesia,” kata Eko.

Sementara, Rini, guru SMPN 16 Yogyakarta mengatakan, anak anak diajak ke DPRD DIY untuk bisa belajr langsung. Sekolah memiliki program pembelajaran kurikulum merdeka yang dijalankan bagi siswa kelas 7 dan 8.

“Ada project P5 ada suara demokrasi maka anak anak kita ajak untuk tahu dan mengalami langsung di tempat. Guru sekolah senang, proses pembelajaran didukung banyak pihak, pemerintah dan DPRD yang kita kunjungi bersama anak anak didik SMPN 16 Yogyakarta,” kata Rini. (rls/arf)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU