Selasa, April 16, 2024
BerandaPendidikanPelatihan Kepemimpinan Fase 2 Jajaran Struktural UAD dan PTMA Melalui Hibah iHiLead...

Pelatihan Kepemimpinan Fase 2 Jajaran Struktural UAD dan PTMA Melalui Hibah iHiLead Erasmus+

JOGJAEKSPRES.COM – Melanjutkan pelatihan kepemimpinan Fase 1 yang didanai Erasmus+ melalui Hibah Erasmus+ Indonesian Higher Education Leadership (iHiLead), UAD kembali mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Fase 2 untuk Dekan dan Wakil Dekan di UAD serta beberapa Pimpinan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah yang ada di Yogyakarta, Klaten, Magelang, Surakarta, Gombong, dan Purworejo.

Seperti halnya Fase 1, pelatihan kepemimpinan Fase 2 juga dibagi menjadi dua tahap. Pelatihan kepemimpinan Fase 2 tahap 1 diadakan pada tanggal 10-12 Juli 2023 dan diikuti oleh 18 dekan dan wakil dekan dari Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST), Teknologi Industri (FTI), Kedokteran (FK), Ekonomi Bisnis (FEB), Hukum (FH), dan Farmasi.

Pelatihan kepemimpinan Fase 2 tahap 2 yang dilaksanakan pada 13-15 Juli 2023 diikuti 15 dekan dan wakil dekan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Psikologi, Sastra Budaya dan Komunikasi (FSBK), Agama Islam (FAI), dan Kesehatan Masyarakat (FKM) serta 12 peserta perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Klaten, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta, Universitas Siber Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Gombong, Universitas Muhammadiyah Magelang, dan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Pelatihan kempemimpinan Fase 2 dibuka secara resmi oleh Dr. Farid Setiawan, M.Pd.I., Ketua Tim Task Force LMDP UAD, dengan laporan perkembangan kegiatan.

Kemudian sambutan dari Dr. Norma Sari, M.Hum, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia UAD, yang menyampaikan bahwa pelatihan Fase 2 dilaksanakan dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan Fase 1. “Karena di fase 1 materi disampaikan lebih banyak, sedangkan di fase dua lebih banyak fokus pada perumusan, penyusunan, presentasi, diskusi, monitoring dan evaluasi proyek,” kata Norma Sari.

Dalam pelatihan ini, materi Best Practice Kepemimpinan disampaikan oleh Prof. Suyanto, Ph.D. selaku Guru Besar dan anggota Badan Pembina Harian UAD, Dirjen Mandikdasmen, Plt. Dirjen Dikdas Kemdikbud RI tahun 2019, Pendiri GpAP dan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta tahun 1999-2003 dan 2003-2007.

Pada kesempatan ini, Prof. Suyanto, Ph.D. mengemas dengan sangat menarik pengalaman selama menjadi pemimpin di beberapa institusi.

Sehingga peserta tidak hanya mendapatkan banyak pelajaran, tapi juga membuat mereka banyak mengajukan pertanyaan berdasarkan masalah yang dihadapi selama memimpin di institusi masing-masing.

Prof. Suyanto, Ph.D yang menyampaikan, dalam memimpin diperlukan kemampuan merangkul, dan juga ketegasan.

Beliau juga menyampaikan beberapa tips penting dalam memimpin, khususnya di institusi Muhammadiyah.

Materi berikutnya tentang Immunity to Change Methodology disampaikan oleh Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D selaku Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Tim Leadership Training Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Materi disampaikan juga oleh Ghofar Ismail, M.A. sebagai Tim Leadership Training Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Punang Amari Puja, S.E., S.T., M.IT (Tim Leadership Training Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah), dipandu Afit Istiandaru, S.Pd., M.Pd (Tim LMDP UAD).

Pada kesempatan itu Ida Puspita, M.A.Res (Tim LMDP UAD) menyampaikan materi Strategi Pengembangan, Pengelolaan dan Konsultasi Proyek Perubahan.

Hari kedua dibuka dengan materi Strategi Pengembangan, Pengelolaan, dan Konsultasi Proyek Perubahan yang disampaikan oleh Afit Istiandaru, S.Pd., M.Pd dan Ida Puspita, M.A.Res.

Setelah itu, tim mentor memimpin jalannya Workshop Penyusunan Proposal Proyek Perubahan. Dalam kesempatan ini, setiap kelompok yang telah dibagi berdasarkan fakultas dan berdasarkan universitas peserta berasal dari PTMA, mendiskusikan masalah dan solusi yang ada dalam institusi masing-masing.

Dalam sesi ini diikuti oleh sesi Client Meeting yang dilaksanakan secara luring. Dalam Client Meeting setiap kelompok melalui zoom mewawancarai rekan kerja, bawahan dan atasan terkait pengalaman dan permasalahan yang dihadapi dalam bekerja.

Di hari ketiga, masih dipimpin oleh tim mentor, setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan proposalnya. Dan kelompok yang lain sangat antusias mendengarkan dan memberikan masukan.

Pada hari ketiga tahap 1 tepatnya pada 12 Juli 2023, Jan Mayers (Perwakilan dari University of Gloucestershire, UK) mengunjungi dan mengevaluasi program LMDP di UAD.

Dalam kesempatan ini, Jan Mayers juga mewawancarai dua peserta dari Pelatihan Kepemimpinan Tahap 1 yaitu Ario Tejosukmono, M.Biomed., M.M.R. (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum, Fakultas Kedokteran UAD), dan Prof. Dr. apt. Nurkhasanah, M.Si (Wakil Dekan Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Akademik, dan Kemahasiswaan, Fakultas Farmasi UAD), dan dua peserta dari Pelatihan Kepemimpinan Tahap 2 yaitu Dr. Ani Susanti, M.Pd.BI (Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UAD), dan Rosyidah, S.E., M.Kes., Ph.D (Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UAD).

Keempat peserta diwawancarai terkait pendapat dan pengalaman mereka dalam mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Fase 1 di UAD yang telah diadakan pada bulan Mei dan Juni lalu. (fan)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU