Senin, April 15, 2024
BerandaPolitikaForum 2045 Keluarkan 9 Pokok Seruan Moral

Forum 2045 Keluarkan 9 Pokok Seruan Moral

JOGJAEKSPRES.COM – Dirasa Indonesia sedang tidak baik-baik saja, Forum 2045 yang terdiri dari para Guru besar dan Akademisi beberapa Universitas di DIY mengeluarkan 9 pokok seruan moral, Sabtu, 20 Mei 2023 di Pendopo Monumen Diponegoro, Tegalrejo, Yogyakarta.

Ketua Forum 2045, Dr Untoro Hariadi menyebut, risalah bahwa Indonesia sedang tidak baik-baik saja tersebut ditemukan sejak tiga minggu lalu saat para guru besar berkumpul.

“Mereka akhirnya memutuskan bergerak agar stakeholder tanah air bisa berkonsentrasi penuh pada pemilu 2024 menjadi proses yang baik,” ujar Untoro.

Berikut Sembilan Pokok Seruan Moral
Forum 2045

Menyikapi perkembangan pancaroba cuaca politik berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini, maka kami:

1. Mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mempelajari, memahami, dan menegakkan konstitusi dengan meneguhkan kedaulatan di tangan rakyat. Rakyat adalah pelaku utama demokrasi, dan partai sebagai wadah aspirasi, diatur dan dikendalikan secara konstitusional, sehingga partai wajib memperhatikan aspirasi rakyat Indonesia.

2. Menyerukan seluruh rakyat Indonesia menatap dan melangkah jauh menuju masa depan mewujudkan Indonesia Emas 2045, yakni negara dengan ekonomi yang maju, tatanan negara yang berkeadilan sosial, lingkungan yang lestari, dan masyarakat yang sejahtera.

3. Melalui Pemilu 2024, menyerukan seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan demokrasi Pancasila dengan mengutamakan nilai-nilai kejujuran, keadilan, dan keteladanan, dalam berkompetisi secara langsung, umum, bebas dan rahasia.

4. Menyerukan seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan pemilu berjalan dengan tertib, aman, dan damai serta menjamin partisipasi seluruh rakyat, tidak disetir oleh segelintir elit oligarki ekonomi dan elit partai politik.

5. Menyerukan seluruh rakyat Indonesia, warga masyarakat digital (netizen) yang cerdas dan kritis, agar waspada tidak terpengaruh ujaran kebencian, fitnah, berita palsu, atau berbagai upaya adu domba yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa. Mengajak seluruh tokoh masyarakat, alim ulama, cerdik cendekia, intelektual organik, para aktivis guru dan mahasiswa berperan aktif untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa, mengembangkan literasi demokrasi serta memantau dan mengawasi jalannya proses Pemilu 2024.

6. Mengajak segenap organisasi keagamaan, organisai masyarakat sipil, media masa, lembaga pendidikan, lembaga adat, dan komponen bangsa lainnya, untuk turut serta menjadi pemandu nalar akal budi dan mewujudkan perilaku rakyat yang berdaulat dengan menyelenggarakan siar pendidikan politik agar rakyat bisa memilah dan memilih wakil rakyat maupun Presiden dan Wakil Presiden yang berakhlak mulia dengan sifat-sifat jujur, dipercaya, bertanggungjawab, dan cerdas.

7. Mendesak Lembaga Yudikatif, Legislatif, Eksekutif dari tingkat pusat hingga daerah untuk memahami dengan benar dan melaksanakan amanah konstitusi dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat dalam berbangsa dan bernegara.

8. Mendesak pada para elit politik dan elit pemerintahan untuk taat memenuhi janji politiknya dengan tuntas dan lunas.

9. Mendesak Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu untuk mentaati konstitusi dan aturan yang berlaku dengan berintegritas tinggi, berlaku adil dan bertindak cermat dalam melaksanakan seluruh proses dan tahapan Pemilu 2024. (bra)

Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

TERPOPULER

KOMENTAR TERBARU